Home Berita Ada Napi Narkoba Melarikan Diri, Lapas Tangerang Kirim Puluhan Napi ke Nusakambangan

Ada Napi Narkoba Melarikan Diri, Lapas Tangerang Kirim Puluhan Napi ke Nusakambangan

0

Terdapat narapidana kasus narkotika hukuman mati yang melarikan diri, puluhan narapidana dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang. Mereka dipindahkan ke Lapas dengan kategori Super Maximum Sexurity, Selasa (22/9/2020) malam hari.

Diketahui seorang Warga Negara China yakni Chai Changpan berhasil melarikan diri dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada Senin (14/9/2020) lalu.

Chai diduga berhasil melarikan diri dari dalam ruang tahanannya melalui lubang yang sudah ia buat sejak 6-8 bulan lalu.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Rika Aprianti membenarkan adanya tahanan yang dipindahkan ke lapas lain dari Lapas Kelas 1 Tangerang.

“58 Narapidana Bandar Narkoba dan 2 Narapidana Pidana Umum dipindahkan dari Lapas Kelas I Tangerang, pada hari Selasa tanggal 22 September 2020,” kata Rika dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (23/9/2020).

Menurutnya upaya pemindahan narapidana ini merupakan bentuk pencegahan dan deteksi dini dalam memerangi narkoba di dalam Lapas.

“Narapidana yang dipindahkan adalah narapidana dengan kategori hukuman pidana tinggi, seumur hidup, dan mati,” jelasnya.

Dia merinci 30 narapidana bandar narkoba dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu (Lapas Super Maximum Security-red) dan 30 narapidana lainnya akan dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Cilegon.

“Pemindahan ini merupakan rangkaian kegiatan pemindahan narapidana bandar narkoba, yang telah dilakukan sebelumnya kepada lebih dari 300 orang dari beberapa wilayah Indonesia seperi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Lampung, Kalimantan Barat ke Lapas Super Maximum Security Nusakambangan dan akan terus dilakukan secara kontinyu,” ujarnya.

Dia menambahkan dalam penuntasan masalah narkoba di Lapas, pihak Kementerian Hukum dan HAM RI tidak akan main – main.

“Seluruh jajaran Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, mulai dari pimpinan tertinggi hingga pelaksana dibawahnya tidak main-main dan berkomitmen penuh dalam pelaksanaan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),” tukasnya. (bal)