Home Bandara Polisi Panggil Penumpang yang Gunakan Surat Tes COVID-19 Palsu di Bandara Soetta

Polisi Panggil Penumpang yang Gunakan Surat Tes COVID-19 Palsu di Bandara Soetta

0

Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai memanggil penumpang yang menggunakan surat keterangan tes Covid-19 palsu untuk perjalanan transportasi udara.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kasat Reskrim Polresta Bandara Soetta, Kompol Alexander Yurikho.

Dia menyebut, jajarannya telah melayangkan surat panggilan kepada sejumlah penumpang yang diduga telah menggunakan surat keterangan tes Covid-19 palsu untuk bepergian melalui Bandara Soetta.

“(Sudah) mulai. Penyidik layangkan panggilan,” kata Kompol Alex kepada tangerangonline.id, Rabu (20/1/2021).

Ratusan penumpang diduga telah menggunakan surat keterangan tes Covid-19 palsu yang didapatkan dari sindikat terorganisir di Bandara Soetta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menuturkan, setidaknya ada 213 penumpang telah menggunakan surat keterangan tes Covid-19 palsu untuk perjalanan transportasi udara melalui Bandara Soetta

“Ada 213 (penumpang yang menggunakan surat palsu). Masih didata penumpang yang lain, bagaimana kedepan akan kita lakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan, hampir semua penumpang tahu (palsu) karena tidak dilakukan uji tes,” kata Yusri Yunus di Mapolres Bandara Soetta, Tangerang belum lama ini.

Saat ini, jajaran Polresta Bandara Soetta masih mengembangkan kasus tersebut dan melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya.

“Kita akan dalami, kemungkinan-kemungkinan ada pelaku lainnya. Yang masih melakukan praktik ini segera berhenti! Kami tidak akan segan-segan menindak dengan tegas. Berhenti!” tegas Yusri.

Sebelumnya, Tim Garuda Sat Reskrim Polresta Bandara Soetta mengamankan 15 orang sindikat pemalsu dan penjual surat keterangan tes Covid-19 palsu. Mereka adalah MHJ, M, ZAP, AA, U, YS, SB, S, S alias C, IS, C alias S, RAS, dan PA.

Terkini, Tim Garuda Sat Reskrim Polresta Bandara Soetta kembali mengamankan seorang tersangka yang merupakan bagian dari sindikat tersebut. Ialah H.

Total tersangka yang telah diamankan oleh Polisi menjadi 16 orang. (Rmt)