Home Bandara Imigrasi Bandara Soetta Tolak Puluhan Warga Negara Asing Masuk ke Indonesia

Imigrasi Bandara Soetta Tolak Puluhan Warga Negara Asing Masuk ke Indonesia

0

Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali, puluhan warga negara asing (WNA) ditolak masuk ke Indonesia oleh Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto mengatakan, dari tanggal 1 sampai 25 Januari 2021 sebanyak 31 WNA ditolak masuk ke Indonesia.

“Karena mereka tidak memenuhi persyaratan SE (Surat Edaran) itu,” ujar Romi di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (26/1/2021).

Dijelaskan Romi, yang dimaksud adalah Surat Edaran
Direktorat Jenderal Imigrasi menerbitkan Nomor IMI-0103.GR.01.01 tahun 2021 tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke wilayah Indonesia selama masa Pandemi Covid-19

“Negaranya asalnya macam-macam, ada WNA China, Amerika, Inggris,” tutur Romi.

Romi menjelaskan, WNA yang ditolak masuk ke tanah air beralasan sudah terlanjur membeli tiket pesawat dan nekat tetap terbang. Mereka tidak mengantongi surat izin tinggal terbatas (ITAS), izin tinggal tetap (ITAP), atau pun pemegang izin tinggal diplomatik.

“Ditolak, jadi sampai sini dipulangkan, dengan pesawat yang sama, ada juga pesawat yang tadinya karena merasa benar komplain dan akhirnya tertunda satu hari, besoknya kita pulangkan,” tandas Romi. (Rmt)