Home News Update TMMD 2021, Kodim Lebak Buka Akses Jalan Pedesaan di Cimarga

TMMD 2021, Kodim Lebak Buka Akses Jalan Pedesaan di Cimarga

0

Kodim 0603 Lebak melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) akan menerjunkan para prajurit Tentara Negara Indonesia (TNI) untuk membuka akses jalan di pelosok pedesaan di Kabupaten Lebak pada tahun 2021 ini.

Pelaksanaan TMMD itu akan mulai dilakukan pada bulan awal Maret 2021, dengan menargetkan pemukaan akses jalan sepanjang 6 Kilometer (Km) yang menghubungkan Desa Gununganten, dengan Desa Jayasari, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak.

Kasdim 0603 Lebak Mayor Inf M Jaini mengatakan, pelaksanaan Pra TMMD yang ke 110 itu sendiri dilakukan dengan tujuan untuk membuka akses jalan di perdesaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

”Tujuan TMMD yaitu, TNI ingin berperan serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan TNI juga ingin membangun kerjasama, kekompakan dan manunggal dengan aparat pemerintahan maupun masyarakat,” kata Kasdim saat melakukan peninjauan Pra TMMD pada Sabtu (6/2), di Kampung Pasiripis, Desa Gununganten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak.

Kasdim mengungkapkan, akses jalan diantara kedua Desa yang menjadi titik pelaksanaan TMMD ke 110 itu sendiri saat ini masih tertutupi oleh kawasan perkebunan dan persawahan milik warga sekitar. Sehingga, akses jalan tersebut hanya bisa dilewati oleh jalan setapak, tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Dijelaskannya, pada TMMD ini, Kodim Lebak akan membuka akses jalan dengan menembus perkebunan tanah merah, dan persawahan tersebut, guna memberikan akses jalan yang layak, dengan harapan akses jalan tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan dipermudahnya masyarakat sekitar dalam mengangkut hasil buminya.

“Apabila jalan ini sudah dibangun, maka kebutuhan akses transportasi warga di Desa akan terpenuhi, bahkan masyarakat lainnya pun akan lebih mudah untuk ke luar masuk lahan pertaniannya,” imbuhnya.

Selain membuka akses jalan, pada TMMD itu juga, Kodim Lebak turut bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebak untuk melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Tentunya dalam TMMD ini kami bersama dengan Pemda Lebak juga melakukan berbagai pemberdayaan masyarakat seperti Rehab rumah penyuluhan kesehatan dan pendidikan masyarakat sekitar,” tukasnya.

Sementara itu Dandim 0603 Lebak Letkol Inf Nur Wahyudi menyatakan, pra TMMD telah dilaksanakan sejak 6 Februari 2021 lalu. Kegiatan yang dikakukan diantaranya, pembukaan jalan agar sasaran konstruksi fisik dapat selesai tepat waktu.

“Iya, kita sudah melakukan kegiatan di lokasi TMMD. Tapi, untuk pembukaannya akan dilaksanakan pada 5 Maret 2021,” kata Letkol Inf Nur Wahyudi kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Tidak hanya melakukan kegiatan pembangunan fisik, TNI juga akan melaksanakan program non-fisik seperti penyuluhan kesehatan, bakti sosial, dan sosialisasi mengenai wawasan kebangsaan terhadap masyarakat setempat.

“Sasaran tambahan pembangunan fisik, yakni membangun majelis taklim dan rumah tidak layak huni,” pungkasnya. (Bh/red)