Home News Update Tugas Plh Berakhir, Besok Gubernur Banten Lantik Bupati Serang 

Tugas Plh Berakhir, Besok Gubernur Banten Lantik Bupati Serang 

1

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Entus Mahmud mengatakan, masa jabatan Pelaksanan Harian (Plh) Bupati Serang berakhir Kamis (25/2) besok.

Entus mengungkapkan, Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026 sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani oleh menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Insya Allah Besok 25 Februari pelantikan dilakukan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim di pendopo KP3B Serang,” kata Entus rapat persiapan pelantikan Bupati-Wakil Bupati Serang periode 2021-2026 di Aula Tb. Saparudin, Rabu (24/2).

Ia menjelaskan, hasil rapat antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bahwa pelantikan akan dilaksanakan di Provinsi baik Bupati-Wakil Bupati Serang dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon.

Dengan begitu, Pemprov Banten membatasi tamu undagan yang ingin turut hadir di pelantikan besok. Namun, sebagai kepala OPD, anggota dewan dapat menyaksikan melalui virtual atau zoom meeting ditempat masing-masing.

“Yang dihadiri hanya 50 orang. Dari 50 itu dibagi 20 dari provinsi, 15 Kabupaten Serang dan 15 orang dari Kota Cilegon. 15 orang terdiri dari bupati dan wakil bupati, keluarga masing-masing 5 orang, Ketua DPRD, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Serang.

Kendati demikian, Entus mengatakan ada agenda yang belum dilaksanakan di tingkat provinsi takni serah terima jabatan dari Plh Bupati kepada Bupati Serang periode 2021-2026.

“Itu yang belum dilaksanakan di provinsi, oleh karena itu kita perlu mengagendakan serah terima dari Plh ke bupati definitif di pendopo. Karena incumbent, untuk Kabupaten Serang tidak ada sidang paripurna,” jelasnya.

Entus mengimbau, kepada para kepala OPD, Camat wajib mengikuti pidato pertama Bupati Serang periode 2021-2026 secara virtual setelah serah terima plh bupati kepada bupati definitif dilakukan secara sederhana karena situasi pandemi.

“Nanti disampaikan pidato pertama bupati, oleh karena itu kita imbau untuk mengikuti pidato,” pesannya.

Asda 1 Setda Kabupaten Serang Nanang Supriatna menambahkan, kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar mengawal demi menjaga keamanan.

“Tentunya berkooordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI,” ujarnya. (Smn)