Home Bandara Bandara Soetta Kucurkan Rp 1,8 Miliar untuk Pelaku UMKM Tangerang

Bandara Soetta Kucurkan Rp 1,8 Miliar untuk Pelaku UMKM Tangerang

0

PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) kembali menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 675 juta kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Tangerang.

Penerima dana program kemitraan tahap ketiga tahun 2021 ini sebanyak 20 mitra binaan yang bergerak di sektor kerajinan tangan, makanan dan souvenir.

“Hari ini kita menyampaikan dan salurkan program kemitraan dan nilaina hari ini 675 juta untuk 20 mitra,” kata Executive General Manager Bandara Soetta PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (29/9/2021).

Agus menjelaskan, pihaknya telah menyalurkan dana program kemitraan senilai Rp 1,8 miliar untuk 57 mitra binaan sejak Januari 2021.

“Untuk penyaluran dari Januari sampai September di tengah pandemi ini nilainya Rp 1,8 miliar untuk 57 mitra. Artinya, kita masih terus komitmen libatkan mitra adalah program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL).

Selain membantu mitra melalui program dana program kemitraan untuk pengembangan usaha, PT Angkasa Pura II juga menyiapkan wadah untuk pemasaran produk UMKM tersebut. Salah satunya dengan menyediakan showcase untuk produk mitra binaan di kantor PT Angkasa Pura II.

“Alhamdulillah kita sekalian resmikan etalase untuk bantu majang produk-produk dari binaan kita sehingga mereka punya wadah dan tempat untuk bisa memasarkan produknya,” ujar Agus.

Kedepannya, lanjut Agus, pihaknya juga akan menyediakan tempat pemasaran produk mitra binaan di Terminal penumpang.

“Ini saya berencana untuk bisa bantu memamerkan di terminal, waktunya masih cari moment yang pas. Sekarang kan low season, nanti kita harpakan akhir tahun atau awal tahun dimana jam-jam sibuk penerbangan bisa efektif bantu pasarkan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputy EGM of Finance & HRD Bandara Soetta, Kenny Priani menambahkan, PT Angkasa Pura II akan memperkenalkan dan membantu memasarkan produk mitra binaan tersebut lebih luas lagi.

“Kalau kondisi masih memungkinkan juga bukan pandemi, biasanya kita ikutkan mitra-mitra untuk pameran di berbagai tempat. Bahkan dulu pernah ke luar negeri. Tapi kita liat situasi dulu. Kalau aman kita bisa ikutkan mitra kita ke tempat yang lebih luas lagi,” tuturnya.

Sementara, Ani salah satu mitra binaan mengaku dapat mengembangkan usahanya setelah menerima manfaat program dana kemitraan dari PT Angkasa Pura II.

“Hari ini saya menerima penyaluran yang ke empat, menerima pendanaan Rp 85 juta. Setelah dapat bantuan dari AP II dapat membuat saya lebih berkreasi dan menambah produk usaha,” kata pemilik Dapur Jeng Ani yang bergerak di bidang makanan ini.

Ia juga berharap, dengan dana program kemitraan tahap ketiga ini dapat membantu dirinya dan mitra binaan yang lain untuk mengembangkan usahanya

“Semoga dengan bantuan ke empat ini kami dapat lebih mengembangkan lagi usaha kami,” harapnya. (Rmt)