Home Bandara AP II Siapkan Fasilitas dan Skenario Penanganan Umrah di Bandara Soetta

AP II Siapkan Fasilitas dan Skenario Penanganan Umrah di Bandara Soetta

0

Calon jamaah umrah asal Indonesia dapat bernafas lega menyusul dicabutnya suspend penerbangan langsung dari Indonesia ke Arab Saudi per 1 Desember 2021 oleh otoritas Arab Saudi.

Seiring dengan pencabutan suspend tersebut, maka pintu penyelenggaraan ibadah umrah 1443 Hijriah semakin terbuka bagi jamaah asal Indonesia.

Oleh karenanya, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta tengah menyiapkan sejumlah skenario dan skema penanganan jamaah umrah di Bandara tersibuk di Indonesia itu.

“Kami dari Bandar Udara Soekarno-Hatta mendukung upaya pemerintah untuk penyelanggaraan umrah. Terkait umrah itu sendiri sampai saat ini kami menyiapkan beberapa skenario,” kata Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi kepada tangerangonline.id, Senin (6/12/2021).

Meski begitu, Holik belum dapat menjelaskan secara rinci terkait skema penanganan keberangkatan dan kepulangan jamaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta. Pasalnya, masih dalam tahap pembahasan dengan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama.

“Masih dalam proses pembahasan dengan Kementerian Agama untuk menangani jamaah umrah ini,” ujar Holik.

Selain dengan Kementerian Agama, Holik menyebut pihaknya juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk penanganan jamaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta.

Angkasa Pura II juga tengah mengkaji apakah nantinya lounge umrah yang ada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta diaktifkan kembali.

“Kami masih mengkaji dan berkoordinadsi juga dengan pihak terkait untuk menangani jamaah umrah ini. Mungkin nanti setelah hasil kajian kami dan juga koordinasi dengan Kementerian Agama bagaimana penanganannya. Saat ini masih dalam pembahasan,” tutur Holik. (Rmt)