Beranda Berita Raih WIPO Awards 2023, Paragon Dukung Kekayaan Intelektual Makin Maju

Raih WIPO Awards 2023, Paragon Dukung Kekayaan Intelektual Makin Maju

0

Raih WIPO Awards 2023, Paragon Dukung Kekayaan Intelektual Makin Maju

Paragon Technology and Innovation (Paragon), perusahaan kosmetik nasional terbesar yang menjadi pionir produk halal di Indonesia, mendapatkan apresiasi World Intellectual Property Organization (WIPO) National Awards pada Mei 2023.

WIPO National Awards merupakan penghargaan untuk inovator dan inventor yang diakui oleh lembaga pemerintah dan lembaga lain di 193 negara anggota WIPO di seluruh dunia.

Penghargaan terkait hak kekayaan intelektual ini memiliki empat kategori yakni enterprise, creativity, inventors, dan school children.

“Paragon mendapatkan penghargaan untuk kategori enterprise dan menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang mendapatkan WIPO Awards 2023,” terang Eko Siswati, Corporate Communication PT Paragon Technology and Innovation, dalam keterangannya, Senin (29/5/2023) di Jakarta.

Penganugerahan WIPO Awards 2023 diserahkan langsung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly pada acara puncak peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI di Jakarta.

Menkumham, Yasonna Laoly menyampaikan bahwa WIPO National Award diberikan kepada tokoh Indonesia yang telah berkontribusi dalam memajukan sistem kekayaan intelektual nasional melalui berbagai prestasi dan karya di bidang kekayaan intelektual.

“Pada tahun ini penghargaan diberikan kepada generasi muda dan tokoh perempuan Indonesia yang berhasil menggerakan perekonomian sekaligus memajukan kekayaan intelektual tanah air,” kata Menkumham Yasonna Laoly.

Turut hadir pula dalam acara ini Dokter Sari Chairunnisa (Owner & VP of Research and Development Paragon) sebagai perwakilan dari Paragon untuk menerima penghargaan WIPO.

Dokter Sari Chairunnisa menyampaikan bahwa apresiasi yang didapat oleh Paragon menjadi semangat untuk terus mendaftarkan kekayaan intelektual yang dimiliki.

“Apresiasi ini tidak hanya dari pemerintah tetapi juga organisasi global, ini menjadikan Paragon dan bangsa Indonesia semakin semangat untuk konsisten mendaftarkan kekayaan intelektual yang dimiliki baik itu brand, hasil riset, maupun teknologi yang digunakan. Dengan konsisten mendaftarkan kekayaan intelektual, kita tidak hanya melindungi apa yang dimiliki oleh perusahaan namun juga melindungi konsumen produk-produk kita”, jelas dr. Sari Chairunnisa.

Ia menyampaikan, Paragon mendapatkan WIPO Awards, karena perannya dalam membangun kekayaan intelektual melalui integrated halal system yang diterapkan dalam brand-brand miliknya sehingga Paragon bisa memastikan setiap klaim yang disampaikan kepada masyarakat ini sesuai dan valid, terutama mengenai kehalalan produk.

“Hal ini tidak lain untuk mendukung masyarakat untuk menjalankan halal lifestyle dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Selain itu, sambungnya, Paragon yang diwakili oleh Nurhayati Subakat (Owner Paragon) juga menjadi representatif Indonesia sebagai sosok perempuan inspiratif dalam bidang kekayaan intelektual di tingkat ASEAN.

“Ibu Nurhayati mendapat recognition sebagai “Women in Intellectual Property ASEAN” dari Indonesia atas inspirasi dan dampak yang ia berikan selama ini,” ucapnya.

Kedepan, lanjut Dokter Sari Chairunnisa, Paragon berharap, penghargaan yang didapat ini bisa menjadi pemantik semangat bagi Paragon untuk terus menjamin kualitas dan kehalalan produk yang dimilikinya melalui pendaftaran kekayaan hak intelektual.

Selain itu, Paragon juga mendukung seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menciptakan kekayaan intelektual yang bisa melindungi dan mendayagunakan potensi kreatif dari bangsa Indonesia.

ParagonCorp merupakan perusahaan konglomerasi asal Indonesia yang berdiri sejak tahun 1985. Perjalanan ParagonCorp bermula dari perusahaan kosmetik nasional terbesar di Indonesia bernama PT Paragon Technology and Innovation yang menaungi brand-brand seperti Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri, Laboré, Biodef, Instaperfect, Crystallure, Tavi, dan Wonderly. Saat ini, ParagonCorp terus berkembang dan melebarkan sayapnya di bidang distribusi dan perdagangan langsung dengan membawahi PT Parama Global Inspira dan PT Paranova Global Optima yang menaungi brand Beyondly.

ParagonCorp bertujuan untuk menjadi perusahaan yang berkomitmen untuk memiliki pengelolaan terbaik dan berkembang terus menerus dengan bersama-sama menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin.

“Visi kami adalah menjadi perusahaan yang bertumbuh, bermanfaat, dan berkelanjutan. Melalui ini, ParagonCorp berkomitmen untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang memberikan manfaat bagi Paragonian, mitra, masyarakat, dan lingkungan dalam balutan lima nilai perusahaan (ketuhanan, keteladanan, kerendahan hati, ketangguhan, dan inovasi),” demikian dikatakan Dokter Sari Chairunnisa.(MRZ)