PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT PLN (Persero) sepakat bekerjasama untuk mengintegrasikan layanan masing-masing produk untuk menciptakan solusi bisnis secara berkelanjutan.
Kedua perusahaan akan mengoptimalkan pemanfaatan digitalisasi dan teknologi automisasi yang dimiliki guna meningkatkan pelayanan publik serta memberikan dampak positif bagi bisnis perusahaan.
Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Direktur & Chief Enterprise and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dan Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti di Jakarta, Jumat (29/9/2023).
Yessie D. Yosetya mengatakan, pihaknya memiliki komitmen dalam berinovasi dengan terus meningkatkan kualitas layanan untuk pelanggan.
Tentunya inisiasi kerjasama ini memiliki latar belakang yang tidak terlepas dari hal tersebut.
“Kami yakin kerjasama ini memiliki potensi yang saling menguatkan dalam upaya peningkatan pelayanan publik serta memberikan dampak yang baik untuk masing-masing perusahaan,” ujar Yessie.
Ia menambahkan, XL Axiata akan menerapkan smart metering dengan menggunakan Advance Metering Infrastructure (AMI), Automatic Meter Reading (AMR) untuk mempermudah pemantauan pemakaian serta meningkatkan efisiensi konsumsi listrik di seluruh menara BTS XL Axiata.
Selain itu, kerjasama ini dapat mewujudkan dukungan satu sama lain, baik dari XL Axiata maupun PLN.
XL Axiata akan memberikan dukungan terkait potensi kerjasama dalam kemitraan produk voucher PLN yang akan diintegrasikan ke dalam ekosistem touchpoints milik XL Axiata.
Sementara itu, Edi Srimulyanti mengatakan, melalui kemitraan yang strategis ini, PLN akan memberikan dukungan pada infrastruktur jaringan XL Axiata melalui penyediaan tenaga listrik atau PLNisasi untuk menara BTS XL Axiata.
“Peningkatan akurasi konsumsi listrik dengan penyediaan AMI, AMR, akan dapat mempermudah XL Axiata memonitoring pemakaian kWh di seluruh menara BTS XL Axiata,” ucap Srimulyanti.
Berdasarkan data yang ada, tercatat sebanyak 98% menara BTS XL Axiata sudah terkoneksi dengan jaringan infrasruktur PLN.
Saat ini XL Axiata sedang berupaya melakukan transformasi bertahap dengan menggunakan layanan prabayar meter dan melakukan update meter dengan penyediaan AMI dan AMR untuk layanan pascabayar meter hingga saat ini.
XL Axiata berupaya dalam berkontribusi akselesari digitalisasi dan automisasi di PLN dengan melakukan migrasi layanan prabayar di sekitar 40% layanan pascabayar yang ada saat ini.