Berita
Penyaluran Air ke Warga Terhambat, Dewas PDAM Lebak Klaim Karena Kerusakan Pompa Intake
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Multatuli Kabupaten Lebak angkat bicara persoalan tentang penyaluran air yang hingga saat ini tidak mengalir ke rumah warga atau pelanggan.
Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Tirta Multatuli Kabupaten Lebak Ade Nurhikmat mengatakan, persoalan tersebut karena adanya hambatan dari pompa intake dan pompa pendistribusian air yang rusak dan hal tersebut membuat air tidak mengalir.
“Hari pertama pompa intake selesai, pompa distribusi nya rusak, tapi hari ini dipasang. Kemudian, karena kemaren hujan besar, sehingga saluran intakenya tertutup lumpur, baru besok alat berat turun,” kata Dewas Ade Nurhikmat. Selasa, (06/4/2021).
Ade juga mengaku, pihaknya sudah bertemu dengan Dirut PDAM Tirta Multatuli sekaligus menanyakan terkait keluhan pelanggan. Kata dia, itu langsung di tindak lanjuti dan dikerjakan.
“Tadi pagi saya ketemu direktur mengenai keluhan, langsung ditindaklanjuti dan sekarang sedang dikerjakan,” terang Ade.
Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Multatuli Oya Masri saat dikonfirmasi melalui pesan whatsappnya terkait banyaknya keluhan pelanggan. Oya hanya memberikan foto salah satu koran yang membuat berita bahwa ia telah mengundurkan diri.
Terpisah, Ade Supardi warga Kampung Aweh, salah seorang pelanggan PDAM mengaku merasa tersiksa karena air tidak mengalir hingga 10 hari. Sehingga, ia terpaksa harus mengangkut air ke rumahnya dari SAB yang ada di desanya, dan ia mengaku tidak mampu membeli air galon karena keadaan ekonomi sedang sulit.
“Jelas kami harus ada air, buat segala macem, terutama buat mandi. Tentu kami merasa tersiksa gak ada air. Tolong dengar suara jeritan kami Ibu Bupati,” katanya.
Diberitakan sebelumnya, Ketua Yayasan Naga Harapan (YNHB) Raksa Ambang Sagara angkat bicara soal air PDAM Tirta Multatuli, Kabupaten Lebak, banyak dikeluhkan pelanggan karena airnya sering tak mengalir. Menurutnya, pihak perusahaan telah mendzolimi pelanggan dan harus segera dievaluasi.
“Kami banyak sekali menerima keluhan soal air PDAM yang sering tak mengalir. Kebetulan banyak anggota YNHB juga yang menjadi pelanggan. Ada apa ini dengan PDAM, kok bertahun- tahun sering mengalami masalah dan dikeluhkan pelanggannya,” kata Raksa Ambang Sagara pada awak media. Minggu, (04/4/2021). (Bud)
