Home Agenda SMK Kebangsaan Pondok Aren Peringati Hari Lahir Pancasila

SMK Kebangsaan Pondok Aren Peringati Hari Lahir Pancasila

0

Guna menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia kepada generasi bangsa, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kebangsaan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman SMK Kebangsaan di Jalan Raya Pondok Aren No. 31, Pondok Aren, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (1/6/2016).

Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pentingnya Menjalin Kesatuan dan Persatuan Demi terciptanya NKRI”, diikuti sebanyak 150 siswa/i, pihak sekolah dan jajaran dewan guru. Hadir juga dari Koramil 19/ Pondok Aren untuk memberikan materi terkait Pancasila.

Kepala SMK Kebangsaan mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila perlu diselenggerakan karena baginya, perkembangan jaman yang semakin instans, teknologi yang semakin canggih dikhawatirkan akan memanjakan generasi masa depan dan mengakibatkan akan melupakan nilai-nilai pondasi dasar negara Indonesia.

“Jaman memang semakin berkembang, teknologi pun sama. Jangan sampai dampak dari itu semua membuat kita termanjakan. Kebanyakan generasi sekarang lebih hafal mendengungkan musik atau lagu kekinian, tapi lupa lagu kebangsaan seperti lagu Pancasila. Hal ini yang saya khawatirkan nilai-nilai Pancasila perlahan akan terlupakan,” ungkap Kepala SMK Kebangsaan Herman.

Maka itu, lanjut Herman, pembekalan sejak dini harus dilakukan agar nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara Indonesia tetap tertanam di dalam jiwa anak bangsa yang menjadi generasi masa depan.

Sementara, Koramil 19/Pondok Aren Pelda Subekhan juga memaparkan dalam materinya, negara Indonesia bersatu karena memiliki ideologi yang terbentuk dari perjuangan dan nasib yang sama. Kulturasi budaya dan agama atau kemajemukan menjadi awal lahirnya pancasila. Maka itu, semboyan Bhineka Tunggal Ika harus dipegang erat dalam ikatan kemasyarakatan.

“Peringatan ini bukti kita cinta Pancasila, bukti kita cinta tanah air. Ayo! Bersama terapkan Pancasila dalam kehidupan bernegara, dimulai dari sekarang,” ujarnya.

Masih kata Kepala SMK Kebangsaan, dirinya berharap dengan penyelenggaraan Hari Lahir Pancasila, para siswa/i maupun guru dapat kembali semangat menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-sehari. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here