Home Agenda Binus University Berbagi Bersama Lapas Anak Tangerang

Binus University Berbagi Bersama Lapas Anak Tangerang

0

Pada bulan suci Ramadan 1437 Hijriah ini, Unit pengembangan komunitas yang berada di Binus University yaitu Teach For Indonesia (TFI) dan Jurusan Psikologi bersama Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid serta Yayasan Puan Amal Hayati melakukan buka puasa bersama dengan anak-anak yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Pria di wilayah Kota Tangerang, Selasa (07/06/2016).

Buka puasa bersama Anak Didik (Andik) Lapas ini adalah bukan yang pertama kalinya dilakukan oleh TFI, Jurusan Psikologi dan Yayasan Puan Amal Hayati. Namun Kegiatan semacam ini merupakan kegiatan yang telah rutin dilakukan, dikarenakan ini telah menjadi bagian dari kegiatan mereka untuk berbagi dengan anak-anak yang termarginalkan dari masyarakat.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk mempererat silaturahmi dengan anak-anak Lapas. Selain itu kami harapkan semoga kegiatan ini dapat menjadi dukungan agar anak-anak tersebut mendapatkan penguatan secara mental untuk reintegrasi sosial yakni dapat kembali menjalani kehidupan secara normal di masyarakat,” ujar Drs Andreas Chang MBA selaku Wakil Rektor Binus University saat ditemui tangerangonline.id di Lapas Anak Tangerang, Selasa (07/06/2016) Malam.

Hubungan baik Binus University dengan Lapas Anak yang berlokasi di wilayah Kota Tangerang pun tidak berhenti sampai di kegiatan buka puasa bersama ini. Namun, Jurusan Psikologi Binus University selama ini juga sudah menjalin kerjasama dengan pihak Lapas Anak sejak tahun 2012, dan tahun ini telah memasuki tahun ke empat untuk program kerjasama dalam bidang Community Development Academic.

Dalam program kerjasama tersebut bukan hanya para dosen yang dilibatkan, tetapi para mahasiswa juga dilibatkan dalam program magang di Lapas. Dan para peserta magang ini bertugas untuk membantu menetralisir psikologi Andik Lapas.

“Selama ini jurusan Psikologi Binus University merancang program untuk membantu meningkatkan kualitas psikologi Andik Lapas dan Staff Lapas anak pria di Tangerang,” ujar Dr Cornella Istiani selaku Coordinator Program Community Development Jurusan Psikologi Binus University.

Sementara itu, dalam kegiatan buka bersama ini hadir pula Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. Beliau melontarkan banyak pesan kepada Andik Lapas Tangerang untuk memperbaiki diri mulai dari sekarang dan harus menjadi Anak Bangsa Indonesia yang Cerdas dan Bermanfaat.

“Saya telah pesan untuk anak-anak yang berada disini, mari kita perbaiki diri sendiri, belajar dari kesalahan yang telah dilakukan, buang hal-hal negatif yang pernah dilakukan dan Jadilah Anak-anak Bangsa Indonesia yang Cerdas dan Bermanfaat,” ungkapnya. (Acp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here