Home Berita AP II Simulasi Pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta

AP II Simulasi Pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta

0
SHARE

PT Angkasa Pura II melakukan simulasi pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional-Soekarno-Hatta. Simulasi dilakukan di Terminal Domestik untuk persiapan pengoperasian yang rencananya akan beroperasi pada pertengahan Juni 2016.

Seluruh petugas bandara dan penumpang (dummy pax) mengikuti proses simulasi seperti dalam keadaan sebenarnya dalam terminal keberangkatan. Simulasi tersebut diikuti oleh 50 penumpang dengan tujuan Tangerang-Solo yang mengikuti tahap demi tahap proses keberangkatan.

Dalam simulasi tersebut, penumpang (dummy pax) harus melewati pemeriksaan pertama di Security Check Poin 1 (SCP 1), selanjutnya menuju Check In Counter. Setelah mendapat boarding pass, penumpang selanjutnya menuju SCP 2 kemudian memasuki Boarding Lounge (Ruang tunggu) dan menuju Pesawat melalui Garbarata.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (AP II) , Budi Karya Sumadi mengatakan simulasi tersebut merupakan simulasi internal yang tujuannya untuk memastikan seluruh sarana dalam keadaan baik.

“Ini merupakan simulasi internal, dan hari ini kita mengerahkan 50 orang dummy penumpang, besok kita mengerahkan dummy penumpang sebanyak 100 orang. Simulasi tadi menuju ke Solo dan saya mengamati dari titik check in relatif berlangsung baik, di SCP 1 pemeriksaan juga cukup baik dan di SCP 2 juga demikian,” katanya kepada wartawan di Boarding Lounge Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016).

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi saat diperiksa di Security Check Poin 1 Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi saat diperiksa di Security Check Poin 1 Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dalam simulasi tersebut juga melibatkan petugas maskapai dari Garuda Indonesia untuk check in counter dan Gapura Angkasa.

“Jadi disini sudah terlihat, katakan dari Garuda (Indonesia) untuk check in dan juga untuk ground handling melibatkan Gapura Angkasa,” bebernya.

Menurut Budi Karya, Simulasi pengoperasian Terminal 3 Ultimate pada hari ini berlangsung baik. “Kalau dari pengamatan saya, sudah berlangsung sejak beberapa waktu yang lalu berlangsung baik dan dengan trial ini baik dan tentunya besok pada saat trial dari Garuda Indonesia bisa berlangsung baik pula,” katanya.

Dikatakannya, Angkasa Pura II berencana mengoperasikan Terminal 3 Ultimate pada 20 Juni 2016, namun masih menunggu Izin operasi dari Kementerian Perhubungan.

“Kita merencanakan pengoperasian Terminal 3 Ultimate ini dilakukan pada tanggal 20 Juni, pada saat itu Garuda Indonesia domestik akan beroperasi di Terminal 3 Ultimate ini. Tapi memang untuk bisa dilakukan tanggal 20 Juni, kita menunggu hasil simulasi Garuda Indonesia dan izin operasi dari Kementerian perhubungan,” tukasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here