Home Berita 100 Koperasi di Kota Tangerang Dibekukan 

100 Koperasi di Kota Tangerang Dibekukan 

0

Sebanyak 100 unit koperasi pada tahun ini dibekukan Dinas Perindustri, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Tangerang. Dibekukannya koperasi-koperasi tersebut dikarenakan tidak melaporkan kepengurusannya kepada Disperindagkop dan tidak memiliki laporan kegiatan setiap tahunnya.

Kepala Disperindagkop Kota Tangerang, H Sayuti mengatakan, pihaknya membekukan koperasi itu setelah melakukan pendataan selama 2 tahun terakhir. Pendataan dilakukan Penyuluh Koperasi Lapangan (PKL), saat pendataan ditemukan 300 koperasi yang tidak aktif. Dari jumlah tersebut, 100 unit koperasi di antaranya dibekukan.

“Selama pertahunnya 300 koperasi itu tidak pernah memberikan laporan ke kami. Petugas menemukan 100 koperasi yang tidak ada pengurus dan tidak ada aktifitas,” jelas Sayuti kepada tangerangonline.id saat ditemui di kantornya, Selasa (11/10/2016).

Disebut H Sayuti, koperasi yang tidak aktif tersebut ialah “koperasi Merpati”. Ketika ada bantuan dari pemerintah, koperasi yang tidak aktif tersebut hadir dalam melakukan pengajuan ke pemerintah. “Mereka (300 koperasi seperti Merpati) kalau ada makanan baru pada aktif. Tapi kalau tidak ada makanan. Iya pada ngilang dan tidak aktif. Jadi koperasi itu kaya burung,” terangnya.

Pihaknya akan membekukan 100 koperasi itu berlaku selama 1 tahun. Ketika pengurus dari 100 koperasi itu yang telah disanksi itu datang ke pihaknya untuk mengaktifkan kembali, maka pihaknya akan mencabut pembekuannya. “Kita akan bina koperasi yang dibekukan, apabila pengurusnya ingin mengaktifkan kembali koperasinya,” imbuh H Sayuti.

Pihaknya akan membina 200 koperasi yang masih ada pengurusnya, agar koperasi tersebut tidak mati suri. Diharapkan koperasi di wilayahnya bisa meningkatkan produktifitasnya agar masyarakat Kota Tangerang dapat meningkat taraf kehidupannya. “Kalau seluruhnya aktif dan produktif akan hilang itu namanya rentenir atau lintah darat. Mungkin masyarakat kota ini dapat sejahtera,” tandasnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here