Home Berita Banksasuci Peduli Sungai Cisadane

Banksasuci Peduli Sungai Cisadane

0
SHARE

Sebagai salah satu sungai terpanjang di Provinsi Banten, serta sebagai Sumber kehidupan, sungai Cisadane harus dijaga kebersihannya baik dari sampah maupun dari limbah. Hal itu yang mendorong Ade Yunus tergerak hatinya ikut terjun menjaga kelestarian sungai sepanjang 126 km ini dengan Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) yang berdiri sejak tahun 2012 silam.

“Banksasuci didirikan atas dasar semangat rekan-rekan Penggiat Lingkungan yang memiliki kepedulian yang sama untuk turut serta merawat kebersihan sungai Cisadane tercinta kita ini. Ke depannya semoga Banksasuci bisa menjadi wadah bagi Penggiat Lingkungan di Kota Tangerang,” ujar pria yang akrab disapa Kang Ade.

Ade berharap semua pihak bisa turut serta bekerjasama dalam program-program Pelestarian Lingkungan Hidup Sungai Cisadane, baik dalam Program Corporate Social responsibility (CSR) maupun kemitraan lainnya.

“Banksasuci kedepan bukan hanya sekedar komunitas Peduli Sampah saja, jangka panjang Mudah-mudahan menjadi salah satu Destinasi Wisata Kota Tangerang, sebagai Taman Arboretrum dan pusat kajian Lingkungan Hidup di Kota Tangerang,” jelasnya.

Kegiatan Rutin Banksasuci Dalam Pelestarian Sungai Cisadane diantaranya adalah Menjaring Sampah menggunakan Rakit yang dibentangkan setengahnya lebar Sungai, Sampah yang terjaring diangkat dan dipilah, hasil pilahan Sampah ada yang dicacah menggunakan mesin pencacah, ada yang dijadikan sebagai pupuk organik, juga ada yang dilakukan daur ulang.

Selain menjaring sampah, Banksasuci juga mengumpulkan sampah dari masyarakat yang berada di sekitaran dekat bantaran Sungai Cisadane, yang dikumpulkan masyarakat lalu dijual ke Banksasuci dengan sistem menabung.

“Tabunganya bisa untuk biaya keperluan Sekolah, ataupun untuk kebutuhan rumah tangga lainnya, tujuanya mah untuk mengurangi Sampah dari Sumber dan menghilangkan kebiasaan masyarakat yang suka membuang Sampah ke Sungai,” ujar Pria berkacamata ini.

Kegiatan lainnya, lanjut Direktur Jaringan Nurani rakyat (Janur) Indonesia ini, pihaknya juga rutin melakukan pembibitan dan penanaman pohon dibantaran sungai Cisadane. Hal ini untuk mencegah pengikisan Sungai dan bisa menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi Kota Tangerang.

Sedangkan untuk kegiatan rutin harian, Banksasuci melakukan patroli sungai Cisadane menggunakan empat Perahu Boat, untuk melakukan monitoring pencemaran Sungai, baik oleh limbah industri maupun oleh limbah domestic.

Kedepannya, Kang Ade berharap semua pihak bisa ikut serta dalam menjaga kebersihan sungai Cisadane. Bahkan ia juga berharap agar tidak ada lagi masyarakat dan industri yang membuang Sampah dan limbah ke Sungai Cisadane. Karena hal tersebut dapat merusak ekosistem Sungai Cisadane sebagai Sumber Utama Kehidupan Masyarakat Kota Tangerang. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here