Home Berita Taman Baca Kolong Flyover Ciputat Jadi Sumber Ilmu Gratis Masyarakat

Taman Baca Kolong Flyover Ciputat Jadi Sumber Ilmu Gratis Masyarakat

0

Membaca buku adalah kunci utama guna memperluas pengetahuan di bidang apapun, seperti di Taman Baca Kolong flyover Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel). Siapapun bisa datang untuk mengisi waktu luang dengan membaca di tempat ini dan dijadikan sebagai salah satu sumber ilmu secara gratis.

Taman Baca Kolong itu berada tepat dibawah flyover Ciputat. Tak hanya untuk media gratis membaca, di Taman Baca tersebut juga berfungsi sebagai mengedukasi tentang kehidupan sosial, ekonomi, geografis, dan sebagainya.

Diketahui, pada Juli 2015, Taman Baca Kolong didirikan oleh kawan-kawan Oi (fans Iwan Fals) Tangsel bersama Pemuda Pengabdi Nusantara (P2N) yang merintis dari awal dan mampu eksis hingga apresiasi sering didapatinya dari beberapa kalangan masyarakat.

Masyarakat sekitar pun juga memberikan bantuannya atas tindakan yang dilakukan oleh kawan-kawan Oi dan P2N. Buku-buku yang diinventarisir mereka yang terjajar di lingkungan terbuka selalu aman. Hal itu karena mereka juga selalu bersinergi dengan masyarakat sekitar dan juga dengan ormas-ormas supaya aset berharga yang berupa buku tidak hilang diambil oleh orang tak bertanggung jawab.

“Kita juga melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar khususnya tukang loak agar tidak mengambil buku – buku yang sudah terkumpul,” ujar Sabana yang kerap disapa Nabul, Ketua Oi Tangsel.

Nabul manceritakan, waktu itu sempat hilang beberapa buku, maka dari itu mereka melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar. Buktinya atas kerjasamanya dengan masyarakat sekitar sampai sekarang tidak ada lagi buku yang hilang.

Buku yang terdapat di Taman Baca Kolong tersebut kurang lebih sudah ada 2000 buku yang sudah terkumpul atas pemberian masyarakat. (DK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here