Home Berita Pangodokan Kidul di Pasar Kemis Tempat Jawara Gorok Kepala Orang

Pangodokan Kidul di Pasar Kemis Tempat Jawara Gorok Kepala Orang

0

Kampung Pangodokan Kidul berasal dari bahasa sunda yang berarti Penggorokan. Di balik penamaan kampung terletak di Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang ini mempunyai kisah menyeramkan.

Seperti yang dijelaskan oleh Nyai Mun (75), penduduk asli kampung Pangodokan tersebut. Arti kata Pangodokan Kidul memang berasal dari bahasa sunda, yang berarti Penggorokan. Dahulunya kampung pangodokan ialah daerah yang sepi, daerah yang masih jauh dari keramaian, hanya beberapa rumah yang berdiri di kampung ini. Kemudian tinggal lah Jajang, salah seorang Jawara yang berasal dari desa lain, desa yang dikenal dengan nama Kampung Betawi.

“Jaman baheula teh tikampung ieu sering kajadian panggorokan kapala,” ucap Nyai Mun kepada¬†Tangerangonline.id.

Lanjutnya, di kampung ini memang sering terjadi pembantaian yang keji, yaitu dengan cara menggorok kepala yang dilakukan oleh para Jawara, yang tidak tau apa asal-usul penyebabnya. Untuk arti dari kidulnya sendiri ialah berarti selatan yang diambil dari bahasa sunda, dikarenakan letak posisi kampung ini ialah terletak di selatan.

“Seiring bergantinya waktu, kampung ini pun sudah semakin dikenal, dan untuk penduduknya sendiri pun sudah semakin bertambah banyak,” tutupnya. (Rco)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here