Home Berita Balai Karantina Pertanian Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Ular Hijau Papua

Balai Karantina Pertanian Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Ular Hijau Papua

0

Petugas Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soekarno-Hatta gagalkan upaya penyelundupan satwa asal Papua dengan tujuan Hongkong. Adapun satwa yang berhasil digagalkan tersebut yakni 1 ekor Ular Hijau Papua, 3 ekor Biawak Kuning Papua dan 1 ekor Biawak Bitu Papua.

Penggagalan upaya penyelundupan satwa yang dilindungi dan dibatasi lalulintasnya tersebut terjadi di Kantor Tukar Pos Udara Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Senin (13/3) lalu.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soetta DR Eliza S Rusli mengatakan, penggagalan upaya penyelundupan satwa tersebut berhasil berkat kesigapan dan kejelian petugas saat dilakukan pemeriksaan melalui X-ray terhadap paket berisi satwa itu sebelum dikirim ke Hongkong.

“Petugas kami menemukan kejanggalan dalam paket yang dilaporkan berupa makanan tersebut. Setelah dibuka, paket yang berasal dari Bogor dengan tujuan Hongkong itu ditemukan sejumlah satwa yang dimasukkan ke dalam paralon,” kata Eliza kepada wartawan di Instalasi Karantina Pertanian Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (15/3/2017).

Dirinya menjelaskan, kardus yang berisi sejumlah satwa itu dilapisi dengan puluhan mie instan untuk mengelabui petugas.

“Adapun modusnya, di dalam kardus yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dimana dipinggirnya dilapisi oleh mie instan,” ungkap Eliza.

Menurut Eliza, Ular Hijau Papua tersebut merupakan satwa yang dilindungi dan 4 ekor Biawak Papua termasuk ke dalam appendiks 2 atau lalulintasnya dibatasi.

Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut. Bilamana terbukti bersalah, pengirim satwa tersebut dapat dikenakan sanksi sesuai dengan undang-undang konservasi alam.

“Saat ini sedang dalam proses penyelidikan, nanti petugas kami akan melakukan proses lebih lanjut. Yang jelas satwa tersebut tidak mempunyai sertifikat dan pengirim tersebut tidak melaporkan kepada petugas karantina pertanian,”ujarnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here