Home Berita Syarat Tabungan Rp 25 Juta Ditiadakan, Ini Kata Kepala Kantor Imigrasi Bandara...

Syarat Tabungan Rp 25 Juta Ditiadakan, Ini Kata Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soetta

0
SHARE

Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa syarat pengajuan paspor ditambah yakni pemohon paspor harus memiliki tabungan sebesar Rp 25 Juta. Setelah ramai diperbincangkan di tengah masyarakat, akhirnya persyaratan tersebut ditiadakan oleh Direktorat Jenderal imigrasi. 

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Kaharuddin Ali menjelaskan, syarat tersebut sebelumnya hanya untuk mencegah adanya warga negara Indonesia yang akan menjadi TKI di luar negeri tanpa melalui prosedur resmi atau unprosedural.

“Masyarakat beranggapan bahwa persyaratan tersebut berlaku untuk keseluruhan pemohon. Sesungguhnya persyaratan Rp 25 Juta itu hanya bagi mereka ketika dilakukan wawancara, ada keraguan,” katanya kepada tangerangonline.id, Rabu (22/3/2017).

Petugas lanjut Kaharuddin, banyak menemukan pemohon ketika diwawancarai dengan beralasan untuk bertujuan mengunjungi keluarga atau berwisata ke luar negeri.

“Logikanya kalau orang mau wisata sementara di e_KTPnya pekerjaan tidak jelas, dikhawatirkan hanya dalih untuk mendapatkan paspor. Dan ternyata tujuannya untuk mencari pekerjaan di luar negeri secara non prosedural,” imbuhnya.

Tujuan dari persyaratan tersebut semula untuk pencegahan seperti TKI non prosedural, tapi karena sudah terlanjur ramai akhirnya persyaratan tersebut ditiadakan. 

“Bukan berarti dengan ditiadakannya persyaratan tersebut orang-orang bisa ramai-ramai mengajukan paspor. Ketika pada saat wawancara manakala ditemukan keraguan maka dipastikan ditolak,” tegasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here