Home Agenda FH Unis Hadirkan Kak Seto di Seminar Cegah Seks Bebas

FH Unis Hadirkan Kak Seto di Seminar Cegah Seks Bebas

0

Fakultas Hukum Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) menggelar seminar pendidikan dengan menghafirkan Seto Mulyadi sebagai narasumber, Rabu (5/4). Seminar bertema pencegahan perilaku seks bebas di kalangan remaja ini digelar di auditorium Unis, Jalan Yusuf Maulana, Babakan, Kota Tangerang.

Rektor Unis Mustofa Kamil, dalam sambutannya menuturkan, berdasarkan data terbaru 62 persen siswi SMP dan SMA sudah tidak perawan.  Hal tersebut, menurutnya, perlu menjadi perhatian bersama.

“Perlu kiranya kita pegang teguh nilai moral, agama, budaya, adat istiadat yang melingkupi bangsa ini,” tuturnya.

Seto Mulyadi yang menjadi narasumber utama kegiatan ini menjelaskan, seks bebas di kalangan remaja merupakan salah satu akibat minimnya pemahaman orang tua dan pengajar mengenai pendidikan.

Pendidikan, lanjut Kak Seto sapaan akrab Seto Mulyadi, seharusnya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak. Dengan demikian, anak bisa dengan senang hati belajar.

“Jangan buat sekolah seperti penjara, anak bisa school phobia. Dampaknya bisa terjadi bullying, anak menjadi gelisah, cemas. Bahkan tidak sedikit yang tergelincir pada narkoba,” jelasnya.

Kak Seto juga mengingatkan kepada para peserta agar tidak melakukan kekerasan kepada anak.

“70 sampai 80 persen korban kekerasan diprediksi akan jadi pelaku juga,” tambahnya.

Selain dihadiri sejumlah civitas akademik, seminar ini juga dihadiri oleh siswa-siswi SMP dan SMA di Kota Tangerang. Kepada mereka, Kak Seto berpesan agar menjaga pergaulan dengan sejumlah tips. Kak Seto menyebutnya TANGKIS.

“Tubuhmu adalah milikmu, Ada rahasia di balik baju, Nggak boleh ya nggak boleh, Gunakanlah akalmu, Kalau dipaksa lawan, Ingat tidak semua rahasia baik, Selalu cerita ke orang tua,” ujarnya.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian penyambutan ulang tahun Unis ke 51. Dekan Fakultas Hukum Unis Annie Myranika mengatakan, seminar pendidikan ini bertujuan mengedukasi mahasiswa dan siswa mengenai bahaya dan penyebab seks bebas di kalangan remaja. Dia berharap para peserta dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini.

“Generasi muda zaman ini diuntungkan dengan berbagai teknologi, namun di sisi lain terdapat bahaya mengintai. Oleh karena itu mereka perlu diarahkan,” pungkasnya. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here