Home Berita Garuda & AP II Siap Layani Penerbangan Internasional dari T3 Bandara Soetta...

Garuda & AP II Siap Layani Penerbangan Internasional dari T3 Bandara Soetta 1 Mei 2017

0
SHARE

Setelah melalui sejumlah simulasi sebagai kelayakan operasional, Garuda Indonesia dan PT Angkasa Pura (AP) II menyatakan siap mengoperasikan layanan penerbangan Internasional dari dan menuju Terminal 3 (T3) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Pengoperasian tersebut rencananya mulai tanggal 1 Mei 2017 pukul 00.01 WIB.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan RI menyebutkan T3 Bandara Soetta dapat melayani penerbangan internasional setelah dilakukan proses verifikasi administrasi dan teknis serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman.

Adapun simulasi sudah digelar beberapa kali oleh AP II selaku pengelola Bandara Soetta dan maskapai Garuda Indonesia, baik yang melibatkan penumpang maupun operasional pesawat.

Simulasi yang melibatkan penumpang khususnya terkait dengan arus penumpang atau passenger flow mulai dari penumpang tiba di gate keberangkatan hingga proses naik pesawat serta sebaliknya mulai dari pesawat mendarat hingga penumpang menuju gate kedatangan.

Sementara itu simulasi operasional pesawat ditekankan kepada pergerakan pesawat di apron T3 Internasional.

Selain itu, dilakukan juga simulasi terkait dengan fasilitas-fasilitas di Terminal 3 Internasional yang dapat menunjang terpenuhinya aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan terhadap penumpang serta pengunjung bandara.

Head of Corporate Secretary & Legal AP II, Agus Haryadi mengatakan, simulasi pengoperasian T3 Internasional telah dilakukan beberapa kali dengan melibatkan ratusan orang yang berperan sebagai penumpang, pihak Imigrasi, Bea dan Cukai, Gapura Angkasa selaku ground handling, serta stakeholder lainnya.

“Dari simulasi satu ke simulasi yang berikutnya sejumlah catatan-catatan yang ada dapat dibenahi dan dihilangkan sehingga kami optimistis pada 1 Mei 2017 operasional T3 Internasional  dapat berjalan lancar untuk penerbangan Garuda,” kata Agus, Jumat (21/4/2017)

Untuk penerbangan internasional maskapai selain Garuda Indonesia masih melayani penumpang di Terminal 2.

“AP II berterima kasih kepada stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta dan seluruh masyarakat atas dukungannya sehingga Terminal 3 yang merupakan terminal penumpang pesawat terbesar dan termodern di Indonesia ini dapat segera melayani penerbangan internasional setelah sebelumnya pada 9 Agustus 2016 sudah dibuka untuk penerbangan domestik Garuda Indonesia,” ujar Agus.

Guna mendukung operasional penerbangan internasional, Terminal 3 dilengkapi sejumlah fasilitas seperti 64 konter imigrasi (masing-masing 32 konter untuk keberangkatan dan kedatangan), 30 autogate imigrasi (masing-masing 15 autogate untuk keberangkatan dan kedatangan), lalu 6 titik baggage claim, kemudian 6 garbarata, dan gedung parkir untuk mobil dan sepeda motor total kapasitas sebanyak 1.200 kendaraan.

“Terminal 3 ini nantinya juga akan terkoneksi dengan Skytrain, moda transportasi kereta tanpa pengemudi guna memudahkan perpindahan penumpang ke T1, T2, T3, serta stasiun kereta bandara,” jelas Agus.

Sementara itu, VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar mengatakan, dengan perpindahan operasional penerbangan internasional dari Terminal 2 ke Terminal 3, Garuda berharap pengguna jasa penerbangan internasional dapat menikmati peningkatan fasilitas dan standar pelayanan bintang lima yang Garuda Indonesia berikan melalui terminal baru berkapasitas total 25 juta penumpang tersebut.

“Sesuai dengan arahan dan kesepakatan bersama AP II dan Kementerian Perhubungan, Garuda Indonesia juga telah melakukan proses sosialisasi dan finalisasi layanan teknis di Terminal 3 dimulai dari pertengahan April ini. Kami juga secara aktif telah berkoordinasi dengan IATA hingga SkyTeam terkait sosialiasi layanan di terminal 3 nantinya,” kata Benny.

“Kelancaran proses persiapan perpindahan tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dari Kementerian Perhubungan dan PT Angkasa Pura II (Persero). Garuda Indonesia, Kementerian Perhubungan, AP II sama-sama mendasari pengoperasian Terminal 3 kepada faktor-faktor yang menyangkut keamanan, keselamatan dan juga kenyamanan penumpang sebagai hal yang bersifat mandatory,” tambah Benny.

Dari aspek persiapan, berbagai fasilitas layanan pre flight internasional di terminal 3 juga sudah siap untuk beroperasi baik dari segi fasilitas infrastruktur premium check in, Skypriority, crew transit, premium executive lounge, premium arrival & international service, hingga baggage service international.

Dalam proses peralihan tersebut, Garuda Indonesia juga telah berkoordinasi dengan AP II dalam mempersiapakan mitigasi dancontingency plan terkait antisipasi kelancaran layanan penerbangan internasional di terminal 3.

AP II dan Garuda Indonesia juga membentuk posko bersama untuk memonitor kelancaran operasional layanan penerbangan internasional di Terminal 3 mulai dari tanggal 30 April hingga 8 Mei 2017.

Sehubungan dengan perpindahan tersebut, Garuda Indonesia mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk datang lebih awal ke bandara agar mengantisipasi keterlambatan dan penyesuaian passenger flow di terminal baru tersebut. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here