Home Berita Ini Sarana dan Fitur Canggih di Terminal 3 Bandara Soetta

Ini Sarana dan Fitur Canggih di Terminal 3 Bandara Soetta

0
SHARE

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta akan melayani penerbangan Internasional pada 1 Mei mendatang. Pengoperasian perdana Terminal 3 Internasional ini dibuka untuk penerbangan Garuda Indonesia.

Berbagai sarana pendukung dan fitur canggih dari segi keamanan disiapkan di Terminal terbesar di Indonesia itu.

Sebut saja, untuk keberangkatan Terminal 3 Internasional terdapat sebanyak 12 X-Ray dan 2 Body Scanner.

“Jadi ketika akan melakukan check-in, para penumpang yang melewati body scanner tidak harus melepas atribut (aksesoris berbahan logam), karena akan terlihat semuanya,” kata Djoko Murjadmodjo Direktur Operasional Angkasa Pura II di kantornya, Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (25/4/2017).

Sementara untuk fitur keamanan, Terminal 3 sudah dilengkapi dengan Bagage Handling System (BHS) level 5. Sistem ini dapat mendeteksi bahan peledak atau bom. Apabila suatu barang terdeteksi bahan peledak, maka akan secara otomatis dimasukkan ke bom blanket untuk kemudian ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

Tidak hanya itu, Terminal 3 juga dilengkapi dengan Airport Security System yang berfungsi layaknya intelijen.

“Dengan teknologi ini, CCTV dapat mendeteksi wajah pengunjung atau penumpang pesawat yang masuk ke dalam daftar pihak berwajib. Juga dapat mendeteksi barang yang ditinggal oleh pemiliknya lebih dari 3 menit,” ujar Djoko.

Fasilitas lain di Terminal 3 Internasional ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital. Seperti layar flight information display system dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi da melihat jadwal penerbangan.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain Itu juga terdapat 30 autogate imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan kedatangan.

Diberitakan sebelumnya, Terminal 3 Bandara Soetta akan melayani perdana penerbangan internasional pada Senin (1/5) mendatang. Penerbangan perdana Garuda Indonesia yang melayani rute Internasional dari Terminal 3 yakni rute Cengkareng-Singapura dengan nomor penerbangan GA 824 pada pukul 06.10 WIB.(Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here