Home Berita Sejak Januari, Imigrasi Bandara Soetta Tolak 411 WNA

Sejak Januari, Imigrasi Bandara Soetta Tolak 411 WNA

0

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta mencatat sebanyak 430 WNA dari berbagai negara ditolak masuk ke Indonesia sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Jumlah tersebut terhitung sejak Januari – 9 Oktober 2017.

Penolakan terhadap WNA ini karena berbagai hal, mulai dari melanggar aturan keimigrasian, keterbatasan uang, hingga penolakan karena tidak memiliki tujuan yang pasti selama akan berada di Indonesia.

“Sejak awal tahun 2017, kami telah menolak sebanyak 411 WNA dan mereka langsung diterbangkan kembali ke embarkasi awal. Dan pada bulan Oktober ini, kami sudah menangkal WNA sebanyak 19 orang yang tidak bermanfaat untuk negara kita,” kata Kakanim Bandara Soetta, Enang Syamsi kepada wartawan di kantornya, Senin (9/10/2017).

Adapun 19 WNA yang ditolak kedatangannya tersebut masing-masing berasal dari Bangladesh 4 orang, China 3 orang, 2 Nigeria, 2 Benin dan negara lainnya.

Selain melakukan penolakan terhadap WNA, petugas Imigrasi Bandara Soetta juga telah melakukan pencegahan atau penangguhan keberangkatan WNI yang terindikasi menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

“Selama bulan September, TKI non prosedural yang telah ditangguhkan keberangkatannya sebanyak 14 orang karena terindikasi akan menjadi korban TPPO. Dan kami juga telah menangguhkan permohonan paspor WNI sebanyak 4 pemohon,” jelas Enang.

Enang mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Kepolisian untuk mengungkap kasus TTPO dengan tujuan Arab Saudi.

“Kami akan bekerjasama dengan kepolisian akan mengungkap TPPO di Arab Saudi. Kita akan kembangkan terus, untuk melindungi warga negara Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan data, terhitung sejak Januari – 8 Oktober 2017 (9 bulan) Kantor Imigrasi Bandara Soetta mencatat sebanyak 1.992.631 WNA yang datang dan yang berangkat (kembali ke negaranya) 2.014.631.

Sementara WNI yang berpergian ke Luar Negeri sebanyak 2.014.631, dan yang datang dari luar negeri atau kembali ke Indonesia sebanyak 3.197.471 orang. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here