Home Berita Ada Kampung Pancasila di Serpong

Ada Kampung Pancasila di Serpong

0

Salah satu nama kampung di Kelurahan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, bernama Kampung Pancasila. Kampung tersebut dideklarasi pada 2 Juni 2016 dengan dibacakan oleh Sutrisno selaku ketua Gerakan Penyadaran Pancasila.

Ketika dideklarasikan, turut menyaksikan dan hadir di kampung tersebut di antaranya Jenderal (Purn) Tri Sutisno, Prof. Dr. Subroto, Kemal Idris, Sadar Dadih (Kong Sadar) dan Rizal Sikumbang (Ketua Yayasan Sekolah BLM).

Heri, salah satu warga setempat menjelaskan, Lengkong Wetan dijadikan Kampung Pancasila untuk memperingati sejarah pertempuran pada 25 Januari 1946 yang menyebabkan gugurnya seorang Letnan muda Daan Mogot beserta beberapa taruna militer. Sejak tahun 1936 wilayah tersebut dijadikan tempat  pergerakan penyadaran kebangsaan yang diketuai oleh pahlawan nasional yaitu H Agus Salim.

Kampung Pancasila dibentuk juga dengan tujuan untuk mengingat nilai dan makna dasar Negara Indonesia terhadap generasi muda agar tidak hilangnya jati diri Indonesia.

“Sekarang dunia semakin maju dan berkembang, sedangkan anak-anak muda sekarang sangat minimnya pengetahuan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu agar tidak hilangnya dasar negara Indonesia dan untuk mengingat dan meningkatkan kembali nilai dan makna Pancasila, maka dibentuklah kampung-kampung Pancasila ini. Itulah alasan dibentuknya Kampung Pancasila ini,” jelasnya.

Menurutnya, anak muda zaman sekarang ini minim pengetahuan sejarah, sehingga hal itu membuat generasi muda dengan sangat mudahnya terpengaruh oleh pihak-pihak yang memecah bela bangsa ini.

“Semoga dengan adanya Kampung Pancasila ini generasi muda dapat mengingat dan menjunjung tinggi serta mengamalkan nilai-nilai dan makna yang terkandung dalam Pancasila dan diharapkan juga kepada anak-anak muda untuk menyempatkan membaca agar dapat mengetahui sejarah Indonesia,” harapnya. (Ban)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here