Home Berita AP II Kucurkan Rp 1 Triliun Untuk Perluasan Bandara Soetta

AP II Kucurkan Rp 1 Triliun Untuk Perluasan Bandara Soetta

0

PT Angkasa Pura II (Persero) telah mengucurkan uang sebanyak Rp 1 Triliun lebih untuk perluasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Perluasan ini untuk pembangunan landasan pacu (Runway) 3.

Ketua Tim Pembebasan Tanah Bandara Soetta, Bambang Sunarso mengatakan, persentase terhadap penyerapan dana Penanaman Modal Negara (PMN) tahun 2015 dan tahun 2016 mencapai 25,91 persen.

“Sampai dengan tanggal 17 Maret 2018, kami telah mengucurkan dana sebesar Rp. 1,036 triliun lebih. Luas tanah yang telah dibebaskan adalah 578.101 meter persegi,” kata Bambang kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (22/3/2018).

Total dana tersebut termasuk nilai ganti kerugian yang telah dikonsinyasi di Pengadilan Negeri Tangerang. Jumlahnya mencapai Rp 95,2 Milyar.

Diketahui, untuk biaya ganti kerugian lahan yang terdampak pembangunan Runway 3 Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II menyiapkan uang sebanyak Rp 4 triliun. Uang tersebut didapatkan dari PMN atau Penyertaan Modal Negara pada tahun 2015 dan 2016.

Bambang menjelaskan, pada hari ini juga pihaknya telah melakukan pembayaran ganti kerugian lahan yang terletak di desa Rawa Burung dan Rawa Rengas. Sebanyak 31 bidang lahan telah dibayarkan ganti kerugiannya dalam bentuk uang.

“Hari ini kami juga telah membebaskan 31 bidang lahan dengan nilai ganti kerugian Rp 20 Milyar lebih,” ujarnya.

Hingga saat ini, sebanyak 861 bidang lahan telah berhasil dibebaskan atau kurang lebih 105 hektare. Adapun total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan Runway 3 tersebut seluas kurang lebih 216 hektare. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here