Home Berita Dewan Pers Verifikasi tangerangonline.id

Dewan Pers Verifikasi tangerangonline.id

0

Pertumbuhan media online yang semakin marak di Indonesia, membuat Dewan Pers  gencar melakukan verifikasi. Verifikasi tersebut dilakukan baik administrasi dan faktual terhadap perusahaan media agar memiliki standarisasi dan sesuai perkembangan pers nasional.

tangerangonline.id, salah satu media online di wilayah Banten mendapat kesempatan verifikasi faktual langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar.

Dengan mendatangi kantor redaksi tangerangonline.id di Jalan Yapen Raya Blok QD No. 3 Sektor 14.6, Nusa Loka BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (22/3/2018) malam, Wakil Ketua Dewan Pers disambut oleh Pimpinan Perusahaan, Pimpinan Redaksi, Redaktur Pelaksana, Reporter dan staf redaksi tangerangonline.id.

Ahmad Djauhar memeriksa kelengkapan administrasi perusahaan pers di bawah bendera PT Banten Media Sejahtera ini. Adapun administrasi yang diperiksa diantaranya, dokumen pendirian perusahaan, visi-misi perusahaan, kode etik internal, hingga data pekerja. Dia pun mengapresiasi keberadaan kantor redaksitangerangonline.id sudah layak untuk kegiatan kabar berita.

“Dilihat dari kondisi kantor seperti sudah sangat representatif sekali. Secara sumber dayanya (manusia), ada penanggungjawabnya, karyawannya, dan keredaksiannya. Bagus kalau seperti ini,” ungkap Ahmad Djauhar.

Disebutkannya, di Indonesia ada banyak 47.000 media dan 43.000 diantaranya media online. Tentunya, Dewan Pers sebagai lembaga resmi tidak dapat cepat untuk memverifikasi dengan jumlah yang saat ini terhitung ribuan.

“Uji kompetensi dan membuat standarisasi badan usaha pers dilakukan supaya diketahui atau membedakan mana perusahaan-perusahaan yang benar. Apalagi banyak segelintir orang membuat media yang hanya dikelola tiga orang. Apakah ini bisa disebut perusahaan pers?” katanya.

Dia juga berpesan kepada Pimpinan Perusahaan dan Pimpinan Redaksi untuk terus menjaga dan menerapkan kode etik jurnalistik. “Sudah sangat baik ini (tangerangonline.id), terus berkarya dengan dengan mengedepankan prinsip profesional,” tandasnya. (abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here