Home Berita Wagub Nilai Kontes Burung Kicau Dapat Tingkatkan Pariwisata

Wagub Nilai Kontes Burung Kicau Dapat Tingkatkan Pariwisata

0

Dengan mengajak seluruh keluarganya, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menggantangkan burung kicau jenis love bird sebagai awal pembukaan perlombaan burung kicau Andika BJB Cup, di Lapangan Raja Sakti Enterprise Samsat BSD Tangerang  Selatan, Minggu (25/3/2018).

Perlombaan burung kicau yang diikuti oleh ratusan peserta lokal Banten hingga luar daerah tersebut diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata di Provinsi Banten.

Menurut Andika, perlombaan ini menjadi magnet bagi para penghoby burung kicau dari berbagai daerah diluar Banten, sehingga dapat dijadikan sebagai ajang untuk memperkenalkan pariwisata di Provinsi Banten.

“Melalui perlombaan burung kicau ini dapat meningkatkan sektor pariwisata, karena banyak juga peserta yang berasal dari luar Banten,” ujar Andika.

Ia mengungkapkan melalui perlombaan burung kicau dapat dijadikan ajang silaturahmi dan pemersatu antar peserta, lantaran penghoby burung kicau berasal dari berbagai kalangan di masyarakat.

“Mereka (penghoby burung kicau) kan dari berbagai kalangan, kita jadikan ini sebagai ajang silaturahmi dan pemersatu,” lanjutnya.

Andika yang terlihat mengajak seluruh keluarganya untuk turut menyaksikan perlombaan tersebut mengaku turut menjadi pecinta burung, salah satu burung yang dipeliharanya dirumah berjenis Murai Batu.

Andika bercerita, alasan memilih murai sebagai hewan peliharannya karena keunikan yang dimiliki oleh burung tersebut mulai dari perawakan yang terlihat atletis dan ideal, kemudian warna serta yang utama adalah keunikan dan kemampuan kicauan burung tersebut.

“Kenapa murai? Karena murai memiliki keunikan, suaranya kuat,” ungkapnya.

Terlebih, penghoby burung kicau bukan hanya sekedar memelihara dan melatih burung agar dapat menunjukan performa terbaiknya dalam perlombaan, tetapi juga bagian dari pecinta burung yang juga menangkarkan burung sehingga tidak mengancam keberadaan burung dialam liar. Bahkan para pecinta burung dapat melestarikam berbagai macam burung, dari ancaman kepunahan.

Sementara itu Ketua Panitia Andika BJB Cup, Yudi Hartono mengungkapkan bahwa dalam event tersebut diperlombakan berbagai jenis burung kicau mulai dari Love Bird, Murai, Cucak Hijau, Anis Kembang, Pentet, Kenari hingga kacer yang dibagi dalam 8 kelas.

Setiap kategori kelas memiliki biaya pendaftaran yang berbeda-beda mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 5.000.000. “Peserta sangat antusias sekali, bukan hanya dari Banten tapi juga daerah daerah lain diluar Banten,” pungkasnya. (Kor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here