Home Citizen Rep Pasar Malam dan Riwayatnya Kini

Pasar Malam dan Riwayatnya Kini

0

Oleh: Thasya Azizah, mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta.

Mendengar kata pasar malam, terlintas dalam benak tentang kenangan masa kecil. Di awal 2000-an kehadiran pasar malam dapat dibilang masih menjadi primadona di daerah pinggir kota. Namun kehadirannya semakin lama semakin jarang ditemukan.

Pasar malam merupakan hiburan rakyat yang kini mulai sulit dicari, khususnya di wilayah Jabodetabek. Seiring berkembangan jaman, kehadiran pasar malam semakin terlupakan. Lahan-lahan kosong yang biasa menjadi tempat berdirinya pasar malam mulai tergantikan dengan bangunan-bangunan kokoh.

Meski sudah cukup jarang ditemukan, bukan berarti pasar malam telah tiada. Di daerah Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan berdiri sebuah pasar malam di tengah sebuah lahan kosong. Bianglala sederhana yang menjulang berhiaskan gemerlap lampu menarik perhatian.

Di dalam area pasar malam ini terdapat beberapa wahana seperti bianglala, kora-kora, komidi putar, kereta mini, dan ombak. Di tengah-tengah area pasar malam terdapat sebuah loket sebagai tempat pembelian tiket dari wahana-wahana yang ada pada pasar malam ini.

Terdapat pula tenda-tenda yang menawarkan permainan berhadiah seperti melempar bola ke dalam gelas dan permainan menggelindingkan bola melewati rintangan berupa paku-paku. Tidak hanya itu, pasar malam ini juga dilengkapi dengan kehadiran pedagang-pedagang yang menjajakan makanan, minuman, pakaian, serta beragam mainan anak-anak.

Bak bernostalgia, pasar malam ini menawarkan permainan-permainan kuno yang tetap terawat. Karena itu tak jarang terdapat orang tua yang datang untuk mengenang masa kecil sambil memperkenalkan anak-anak mereka dengan berbagai permainan kuno yang disajikan.

“Saya datang ke sini seperti mengenang masa kecil ketika dulu sering ke pasar malam seperti ini,” tutur Nur Hadiansah yang menjadi salah satu pengunjung di pasar malam ini.

Ia sengaja datang ke pasar malam untuk memperkenalkan anaknya dengan wahana-wahana di sini. “Adanya pasar malam ini bagus, apa lagi di jaman modern seperti sekarang banyak anak yang tidak tau permainan kuno seperti ini, jadi hal ini bisa menjadi pengenalan kepada anak-anak jaman sekarang” jelas Hadiansah.

Semakin malam pasar malam ini terlihat semakin ramai. Teriakan para remaja yang menaiki wahana kora-kora berpadu dengan suara musik yang terdengar hingga ke sudut area pasar malam. Gemerlap lampu warna-warni menambah kemeriahan pasar malam ini.

Di tengah hingar bingar hiburan modern, kehadiran pasar malam ternyata masih diminati warga. Meski tidak seramai dulu, pasar malam masih menjadi hiburan alternatif bagi keluarga dengan harga yang terjangkau. (Citizen Rep/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here