Home Berita Ada Yang Berbeda, Begini Skema Keberangkatan Haji Tahun ini di Bandara Soetta

Ada Yang Berbeda, Begini Skema Keberangkatan Haji Tahun ini di Bandara Soetta

0

Proses keberangkatan jamaah Haji 1439 H melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana, pengesahan paspor para jamaah oleh otoritas negara tujuan dilakukan sebelum meninggalkan tanah air.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Erwin Revianto selaku Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Soetta.

“Proses keberangkatan haji tahun ini yang membedakan adalah pengesahan paspor. Jadi, tidak dilakukan di Arab Saudi akan tetapi di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Erwin kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (9/7/2018).

Pengesahan paspor para Jamaah Haji dilakukan oleh petugas Arab Saudi yang berada Bandara Soetta. Sehingga ketika para jamaah tiba di Bandara Jeddah atau Madinah tidak ada lagi pemeriksaan paspor.

“Pengesahan paspor para Jamaah Haji yang dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta berlaku untuk untuk embarkasi Jakarta – Pondok Gede, Jawa Barat dan dan Lampung,” ujar Erwin.

Dirinya menjelaskan, para Jemaah Haji naik ke pesawat tidak harus melalui terminal penumpang pada umumnya. Bus jamaah langsung menuju Apron tanpa melalui waiting lounge penumpang.

“Adapun prosesnya, keberangakatan haji seperti biasa. masuk dari Apron Timur dan langsung menuju Terminal Kedatangan 2E6, tepatnya di Sentra koridor.
Disana dilakukan pengesahan paspor para jamaah oleh pemerintah Arab Saudi,” jelas Erwin.

“Setelah paspor disahkan, selanjutnya para jamaah kembali naik ke bus melalui Terminal 2 Kedatangan E2 dan langsung menuju pesawat,” tambahnya.

Erwin menyebut, pihaknya telah menambah berbagai fasilitas guna mendukung kelancaran keberangkatan para Jamaah Haji tersebut.

“Bandara soetta siap seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami juga menambah fasilitas seperti toilet portable dan mushola tambahan,” ujar Erwin.

Seperti diketahui, penerbangan fase keberangkatan haji tahun ini rencananya akan dimulai pada 17 Juli sampai dengan 15 Agustus.

Gelombang 1 fase keberangkatan tersebut akan diberangkatkan menuju Madinah dari 17 Juli 2018 sampai dengan 29 Juli 2018.

Sedangkan gelombang 2 fase keberangkatan akan diberangkatkan menuju Jeddah pada 30 Juli 2018 sampai dengan 15 Agustus 2018. (Rmt)