Home Berita BPTP Gelar Teknologi di Pameran TTG XIV Provinsi Banten

BPTP Gelar Teknologi di Pameran TTG XIV Provinsi Banten

0

Pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi Banten. Gelar TTG yang berlangsung di Alun-Alun Kota Serang tanggal 10 – 14 September 2018 ini merupakan pelaksanaan TTG yang ke-14.

Gelar TTG pada dasarnya menjadi langkah strategis dalam penyaluran teknologi kepada masyarakat sehingga terwujud pemberdayaan masyarakat, sekaligus sebagai wadah untuk  menggali potensi  teknologi dalam rangka perumusan  kebijakan yang mendukung pengembangan teknologi.

Melalui Gelar TTG ini diharapkan terinformasikannya inovasi  teknologi, termotivasinya masyarakat untuk memggunakan teknologi, dan terwujudnya nilai ekonomi dari pemanfaatan teknologi.

Terdapat sekitar 28 stand peserta Pameran Gelar TTG XIV, termasuk di antaranya BPTP Banten. Stand lainnya berasal dari instansi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa baik Provinsi maupun kabupaten/kota, Perguruan Tinggi, instansi terkait lainnya, dll. Target pengunjung diharapkan berasal dari dunia usaha, masyarakat umum, pelajar dan akademisi.

Wakil Gubernur Provinsi Banten, H. Andika Hazrumy, S.Sos, M.AP yang hadir membuka acara menyampaikan poin penting tentang perlunya  sarana transfer teknologi dan aspek keberlanjutan kegiatan.

“Saya  mengharapkan setiap daerah memiliki techno park yg dapat menjadi ajang bagi daerah untuk melakukan transfer teknologi” imbuh Andika.

“Ajang seperti ini diharapkan tidak menjadi acara seremonial belaka tapi ada pembinaan ke depan sehingga bisa memunculkan ide-ide dan gagasan yang lebih maju lagi,” tambah Andika.

Stand BPTP Banten pada Gelar TTG kali ini  menyajikan berbagai hasil  teknologi seperti teknologi budidaya sayuran dalam konsep KRPL perkotaan, teknologi pasca panen berbagai olahan pangan yang dilengkapi penjelasan teknik pembuatan masing-masing pangan tersebut seperti teknologi pembuatan abon cabai, gula semut rasa jahe, cheese stick berbahan dasar mocaf, tepung sukun, tepung kimpul, dan brownis mocaf yang 100 persen mensubstitusi tepung terigu, dll.

Selain itu, BPTP Banten memperagakan cara penggunaan Kit Deteksi Aflatoksin, suatu alat untuk mendeteksi aflatoksin (jamur) yang menyerang jagung.

Stand BPTP Banten juga membagikan benih sayuran secara gratis dan icip-icip pangan olahan non terigu atau mengandung  terigu lebih sedikit, yaitu brownis mocaf, kerupuk sukun, dan cheese stick berbahan dasar  mocaf.  Pengunjung antusias mencoba olahan pangan tersebut dan setelahnya mendapat benih sayuran sebagai oleh-oleh untuk ditanam di halaman rumah. Dari kuesioner yang dibagikan,  semua  pengunjung  menunjukkan rasa suka terhadap olahan pangan tersebut.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, berkesempatan mengunjungi  stand BPTP Banten.  Dalam kunjungan tersebut, Andika  mengharapkan agar teknologi yang dihasilkan  dapat dikoordinasikan dengan DPMD Provinsi Banten sehingga dapat mewujudkan pemberdayaan masyarakat secara luas.(MRZ)