Home Berita Rajeg Rembug Desa Expose Pembangunan 2019

Rajeg Rembug Desa Expose Pembangunan 2019

0

Pemerintah Kecamatan Rajeg bersama para Kepala Desa se-Kecamatan Rajeg menggelar berkumpul (rembug) expose pembangunan tahun anggaran 2019. Rembug tersebut bertujuan agar pembangunan secara maksimal sekaligus uji banding antar desa secara keseluruhan.

Camat Rajeg Ahmad Patoni dalam sambutannya mengatakan, salah satu rangkaian kegiatan merupakan evaluasi dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa), melalui Program Pembangunan, Pemberdayaan, usaha kecil mikro (UKM) dan sarana prasarana agar maksimal di seluruh desa yang ada di kecamatan Rajeg.

“Jadi kegiatan pembangunan ini harus betul-betul maksimal secara keseluruhan,” tegas Camat Rajeg Ahmad Patoni, Rabu (6/3/2019).

Ia menjelaskan dalam rembug ini yang dibahas dana desa belakangan banyak digunakan untuk infrastruktur dan layanan sosial. Tahun ini lebih fokus pada sektor perekonomian untuk memberdayakan ekonomi rakyat sehingga terjadinya pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, tambah Ahmad Patoni dalam rembug itu juga dibahas mengenai usaha kecil mikro, Bumdes dimana Bumdes kedepannya untuk mengembangkan usaha desa/produk unggulan, dan juga sarana prasarana.

Masih kata Ahmad Patoni, ketika nantinya Bumdes saling bekerjasama, peluang pekerjaan bagi masyarakat di desa tersebut semakin besar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya ingin semua kegiatan ini terakomodir guna meningkatkan pembangunan dan perekonomian disetiap desa,” kata Ahmad Patoni.

Ketua Forum Desa Kecamatan Rajeg Rohadi Kamaludin mengajak semua Kepala Desa yang hadir disini untuk bekerjasama, saling berkoordinasi dan berbagi pengetahuan dalam memajukan desa, begitu pula dalam penggunaan anggaran dana desa harus sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

“Kami ingin semua kades harus kompak dan bersinergi dengan semua lembaga yang ada didesa, maupun kecamatan,” kata Rohadi Kamaludin yang menjabat Kades Sukamanah.

Hal senada yang disampaikan Ketua Tim Inovasi Desa Rasim Ar, mengajak para Kepala Desa sama-sama mengembangkan usaha kecil mikro, seperti budidaya ikan lele, hom industri, pengrajin sepatu maupun usaha mikro yang lainnya.

“Kita ingin inovasi desa diwilayah rajeg maju dan berkembang,” imbunya.(sam)