Home Berita HUT Kopassus, Perkuat Jiwa Korsa Para Prajurit Komando

HUT Kopassus, Perkuat Jiwa Korsa Para Prajurit Komando

0

Peringatan HUT Ke-67 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD yang jatuh pada tanggal 16 April 2019, memiliki keistimewaan tersendiri bagi prajurit Kopassus, Hal ini dikarenakan perayaan HUT kopassus kali ini bersamaan dengan pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia. Sehingga dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka waktu pelaksanaan perayaan diundurkan pada Rabu, 24 April 2019.

Memaknai tradisi setiap perayaan hari ulang tahun Kopassus yang telah diturunkan oleh para sesepuh Kopassus, sejatinya memiliki dua makna penting, yang Pertama merupakan moment refleksi satuan kopassus dalam rangka terus meningkatkan profesionalisme dalam menjawab tantangan tugas. Dan yang kedua adalah sebagai media untuk terus memelihara ikatan silahturahmi para prajurit Kopassus baik yang saat ini masih mengawaki kopassus dengan personel yang telah berdinas di luar kopassus bahkan dengan para purnawiran sesepuh Kopassus.

Berangkat dari pemahaman tersebut membangun nilai-nilai kebersamaan, keguyupan, Kekompakan dalam ikatan satu almamater sebagai prajurit Kopassus adalah pondasi utama dalam memelihara Jiwa korsa Korps Baret Merah.

Khusus dalam pelaksanaan perayaan HUT Kopassus kali ini sengaja digelar
dalam tiga format acara, meliputi kegiatan Apel bersama prajurit Kopassus dengan pimpinan apel adalah panglima TNI, dilanjutkan Unjuk ketrampilan prajurit dan kegiatan syukuran serta ramah-tama. Adapun thema dari kegiatan perayaan HUT kopassus Tahun 2019 adalah “Mewujudkan prajurit Kopassus yang profesional, kuat dan tangguh serta Adaptif menghadapi Tantangan Global”.

Hal ini selaras dengan pokok-pokok keingginan Panglima TNI, dimana mengharapkan Prajurit Kopassus mampu mengantisipasi berbagai perkembangan yang terkait dengan bidang tugasnya, karena setiap tugas yang dipercayakan kepada Kopassus ibaratnya pertaruhan besar bukan hanya bagi TNI melainkan juga bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, Kopassus harus mampu dan terus berinovasi serta beradaptasi menyikapi berbagai perkembangan jaman.

Sehingga harapannya kemampuan prajurit Kopassus harus menjadi pelopor dan berada di ujung terdepan dalam hal inovasi-inovasi terkait operasi khusus di tubuh TNI.

Hal menarik dalam unjuk kemampuan dan ketrampilan prajurit Kopassus yang ditampilkan dalam moment perayaan HUT kopassus kali ini adalah materi Kopassus Fit. Dimana materi tersebut telah menjadi program pembinaan fisik wajib bahkan telah menjadi Life Style keseharian yang dilakukan oleh prajurit kopassus. Sejatinya programini adalah upaya kopassus dalammenjabarkan pokok-pokok kebijakan Kepala staf TNI AD dalam mendesign postur prajurit yang ideal dan prima dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas.

Bagi prajurit Kopassus kekuatan mental dan fisikadalah kapital dasar yang standarnya harus senantiasa dipelihara, namun dengan tetap
memiliki daya inovasi dan adaptasi. Dengan memelihara kemampuan mental dan fisik serta menerapkan teknologi maju secara tepat, tentu akan memberikan peluang terbaik bagi anggota Pasukan Khusus untuk berhasil dalam melaksanakan berbagai misi yang diberikan.

Selama ini prajurit-prajurit Kopassus memiliki tiga hal yang menjadi prinsip dalam bertindak yaitu Berani, Benar dan Berhasil. Berani karena memiliki jiwa Ksatria dan Militansi yang tinggi, Benar karena Loyalitas yang tegak lurus dalam rantai komando dan Berhasil karena selama 67 tahun Kopassus selalu menerapkan profesionalisme sebagai suatu nilai yang tidak ditawar-tawar lagi, baik dalam setiap kegiatan operasi maupun latihan. Intinya profesionalisme Kopassus adalah bagian dari kekuatan Negara dalam menjaga tetap tegaknya bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Hadir dalam acara tersebut, mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto, Mayjen TNI Madsuni. Prabowo mengenakan seragam safari warna krem lengkap dengan baret merah.

Hadir pula mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Jenderal TNI (Purn) Hendropriyono, mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian serta tokoh sesepuh baret merah lainnya.

Para tokoh-tokoh tersebut duduk di kursi undangan yang sudah disediakan. Upacara tersebut juga diikuti seluruh prajurit Kopassus.

Upacara dimulai dengan penanyangan video tentang Kopassus. Presiden Joko Widodo pun mengucapkan selamat ulang tahun ke Kopassus melalui tayangan video.(MRZ)