Home Berita Dana Desa Belum Sepenuhnya Mensejahterakan Masyarakat

Dana Desa Belum Sepenuhnya Mensejahterakan Masyarakat

0

Lahirnya Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, memiliki pesan agar setiap desa yang mengelola dana desa mampu mandiri dan sejahtera. Namun realitanya masih banyak desa di Kabupaten Tangerang yang belum sesuai harapan dalam membangun desa dan mensejahterakan masyarakat.

Aktivis Tangerang Utara Jembar.MSi mengatakan, penyimpangan Dana Desa tidak mencerminkan niat baik dalam membangun desanya, baik pembangunan yang berkualitas maupun pemberdayaan untuk mensejahterakan masyarakat itu sendiri. Sebagian besar dana desa hanya sebagai alat kekuasaan para kepala desa hingga adanya permainan terhadap anggaran yang besar setiap tahunnya, dan hanya sebatas laporan saja.

“Dana desa hanya dijadikan alat kekuasaan bukan untuk membangun yang berkualitas dan pemberdayaan yang mensejahterakan masyarakat,” ujar Jembar kepada tangerangonline.id, Kamis (13/6/2019).

Dikatakannya, yang paling banyak rekayasa anggaran dana desa (ADD)
diantaranya rapat dan sosialisasi.
Pembangunan kantor desa pemberdayaan tidak terealisasi dengan jelas dan terkesan asal lemahnya pengawasan dampak dari permasalahan krusial yang harus di perbaiki. Banyaknyak pengangguran, UMKM tidak berjalan, potensi desa tidak dikembangkan, dan terjadinya mar up anggaran kegiatan.

“Akibat lemahnya pengawasan banyak kepala desa yang menyimpang dalam mengelola anggaran sehingga tidak terealisasi dengan baik,” terangnya.

Lanjut Jembar, kalau dana desa
digunakan utuk kemakmuran masyarakat, maka akan mengurangi dampak yang ada dimasyarakat, pasalnya banyaknya desa belum sepenuhnya merealisasian ADD.
Contoh kecamatan Sepatan akibat pajak yang belum terbayarkan hingga menjadi hambatan pencairan ADD. Kemungkinan besar desa lain di kecamatan-kecamatan belum bisa cair sama terkendala hal serupa.

“Saya kira pengawasan dana desa harus diperketat, agar kepala desa betul-betul menjalankan Pemerintah desa dengan baik dan mandiri, masyarakatnya sejahtera serta terhindar dari jeratan hukum,” tegasnya.(Sam)