Home Bandara Garuda-Sriwijaya Air Group Perkuat Sinergi Perangi Narkoba Bersama BNN

Garuda-Sriwijaya Air Group Perkuat Sinergi Perangi Narkoba Bersama BNN

0

Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group bersinergi bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) berkomitmen untuk terus memperkuat upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara BNN dan Garuda Indonesia – Sriwijaya Air Group, di kantor pusat Garuda Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (2/07/209).

Penandatanganan tersebut dilaksanakan langsung oleh Kepala BNN, Komjen Heru Winarko dengan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara bersama dengan jajaran direksi anak usaha Garuda Indonesia Group dalam hal ini Citilink Indonesia, GMF Aeroasia, Aerowisata, dan Gapura Angkasa maupun Sriwijaya Air dan NAM Air.

Melalui penandatangan komitmen MoU tersebut, Garuda Indonesia – Sriwijaya Air Group secara berkelanjutan terus mendukung upaya BNN dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang dilakukan melalui kegiatan diseminasi informasi dan advokasi di bidang P4GN, pelaksanaan pemeriksaan tes uji Narkoba, dan pembinaan dalam pembentukan kader anti penyalahgunaan Narkoba.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dalam sosialisasi wajib lapor, pengawasan terhadap lalu lintas orang, barang, dan pos yang dicurigai melalui penerbangan domestik maupun internasional serta pelayanan jasa penerbangan. Kerja sama juga disepakati pada bidang perjalanan korporasi antara Garuda Indonesia Group – Sriwijaya Group dengan BNN.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara mengatakan, adanya lingkungan kerja yang sehat dan bebas narkoba diyakini mampu memberikan pelayanan yang baik bagi penumpang.

“Sebagai penyedia jasa transportasi udara tentunya kami sadari bahwa kami juga memiliki peranan signifikan dalam mendukung upaya seluruh pihak dalam mencegah masuknya akses penyebaran narkoba khususnya melalui jalur penerbangan internasional maupun domestik dan sektor penunjang lainnya” jelas Ari.

Selain itu, Garuda Indonesia Group juga berkomitmen dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba juga kami lakukan di kalangan internal Perusahaan yaitu adanya program wajibbackground check serta tes urine dan kesehatan yang dilaksanakan oleh setiap calon pegawai darat maupun udara pada saat proses rekrutmen berlangsung.

“Secara berkala perusahaan juga mengadakan tes urine kepada jajaran manajemen dan seluruh pegawai khususnya pegawai udara yang akan terbang sebagai bentuk preventif dari adanya aktivitas narkoba sekaligus untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengguna jasa Garuda,” tutur Ari.

Sementara itu, Kepala BNN Komjen Heru Winarko mengungkapkan, penandatanganan nota kesepahaman dilakukan dalam rangka mewujudkan komitmen bersama seluruh elemen masyarakat dalam memberantas Narkoba.

Oleh sebab itu menurutnya BNN berusaha menggandeng seluruh komponen dan lapisan masyarakat untuk mengatasi kondisi ini.

“Garuda diharapkan dapat membantu pemerintah untuk mengurangi peredaran gelap atau penyelundupan Narkotika khususnya yang dilakukan melalui jalur udara”, papar Heru

Penandatangan komitmen pemberiantasan narkoba antara Garuda Indonesia dan BNN merupakan bentuk perpanjangan komitmen antara kedua instansi yang telah dilakukan sejak tahun 2015 lalu. (Rmt)