Home Bandara Bea Cukai Musnahkan Ratusan Botol Miras di Bandara Soetta

Bea Cukai Musnahkan Ratusan Botol Miras di Bandara Soetta

0

Sebanyak 887 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) atau minuman keras dimusnahkan oleh petugas Bea Cukai di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Rabu (24/7/2019). Minuman keras atau miras tersebut merupakan hasil tegahan petugas mulai Januari-Juni 2019.

Miras yang berasal dari berbagai negara itu dimusnahkan dengan cara dituangkan ke dalam beberapa drum. Kemudian miras tersebut dicampur dengan cairan pembersih lantai lalu dibuang ke saluran limbah.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang menjelaskan, ratusan botol miras berbagai merek itu diamankan dari sejumlah penumpang dari luar negeri. Ada pula diamankan dari barang kiriman atau kargo.

“Hari ini kita melakukan pemusnahan atas 887 botol minuman (beralkohol) yang ditegah petugas di Terminal (kedatangan) sebanyak 17 kasus. Kemudian barang kiriman ada 13 kasus dengan total semua ada 887 botol,” kata Erwin.

Dikatakannya, seharusnya minuman beralkohol tersebut langsung dimusnhakan di terminal kedatangan dan disaksikan pemiliknya. Namun, karena volumenya banyak maka dilakukan pemusnahan diluar terminal penumpang.

“Seharusnya ini kita musnahkan di terminal, tetapi kalau dengan jumlah sebanyak ini tidak dapat kita musnahkan langsung karena dapat mengganggu kenyamanan,” tutur Erwin.

Menurut Erwin, masih banyak warga negara Indonesia yang bepergian ke luar negeri yang belum mengetahui aturan terkait minuman beralkohol. Bahkan tidak sedikit yang kedapatan membawa minuman beralkohol melebihi batas yang diperbolehkan.

“Setiap penumpang dari luar negeri diperbolehkan membawa maksimal 1 liter minuman beralkohol. Apabila lebih maka harus dimusnahkan,” jelas Erwin.

Hal itu lanjut Erwin, telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan ekspor dan impor barang yang dibawa oleh penumpang dan awak sarana pengangkut.

“Atas barang kena cukai yang jumlahnya melebihi batas pembebasan akan dilakukan pemusnahan,” tegasnya.

Selain 887 botol miras berbagai merk, petugas juga memusnahkan 32 ribu batang rokok, 720 buah rokok elektrik, 267 batang Cerutu dan 2 kotak Liquid Vape. Seluruhnya dihancurkan dan dibuang ke dalam drum yang telah tercampur minuman beralkohol dan cairan pembersih lantai. (Rmt)