Home Bandara Basarnas Jakarta Tingkatkan Koordinasi dengan Stasiun Meteorologi Bandara Soetta

Basarnas Jakarta Tingkatkan Koordinasi dengan Stasiun Meteorologi Bandara Soetta

0

Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta mendatangani Letter of Operational Coordination Agreement (LOCA) dengan Stasiun Meteorologi Kelas I Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Gubug Mang Engking, Bandara Hatta, Tangerang pada Rabu (18/9/2019).

Seperti diketahui, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memiliki fungsi dalam pencarian dan pertolongan jiwa manusia baik itu dalam kecelakaan pesawat, kecelakaan pelayaran, kondisi yang .embahayakan jiwa manusia serta bencana alam.

Sementara BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) memiliki fungsi dalam memberikan informasi pada bidang Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika.

Kedua fungsi yang saling berkaitan dan dapat mendukung satu sama lain maka terbentuklah kesepakatan tersebut.

Adapun penandatanganan LOCA antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dengan Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno-Hatta dalam meningkatkan pelayanan SAR terkait informasi Meteorologi penerbangan untuk penyelenggaraan pencarian dan pertolongan di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Jakarta.

“Dengan terbentuknya kesepakatan ini diharapkan dapat terjalinnya sinergitas antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dengan Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta, meningkatkan kelancaran dan efisiensi operasi pencarian dan pertolongan dalam wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, serta peningkatan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) antar kedua belah pihak,” kata Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi kegiatan pelayanan informasi meteorologi yang terdiri :

a. Informasi cuaca bandara dan sekitarnya (Meteorological Terminal Air Report, Meteorological Report, SPECI dan SPECIAL REPORT)
b. Prakiraan cuaca bandara dan sekitarnya (TAF)
c. Prakiraan cuaca di sepanjang rute pencarian / Search Routes
d. Prakiraan cuaca di lokasi Pencarian dan Pertolongan / Search and Rescue
2. Sistem koordinasi terpadu melalui Information and Communication Technology (ICT);
3. Peningkatan kompetensi sumber daya melalui workshop dan latihan antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dengan Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno Hatta
4. Peningkatan kompetensi sumber daya manusia melalui pelatihan Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dengan Stasiun Meteorologi Kelas I Soekarno Hatta
5. Kegiatan operasional pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan penerbangan. (Rmt)