Beranda Bandara Bea Cukai Tegah 6 Upaya Penyelundupan Narkotika di Bandara Soetta

Bea Cukai Tegah 6 Upaya Penyelundupan Narkotika di Bandara Soetta

0

Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta menegah enam upaya penyelundupan Narkotika berbagai jenis. Mulai dari Sabu, Ketamin, ekstasi dan ganja sintetis dengan berat total 13,75 kilogram.

Kepala KPU Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Finari Manan mengatakan, penegahan upaya penyelundupan barang harap tersebut dalam kurun waktu 17 hari.

“Ini hasil penegahan kurang lebih 2 minggu priode 21 November sampai dengan 8 Desember,” ujar Finari saat ditemui di Terminal Kargo, Bandara Soetta, Tangerang, Senin (23/12/2019).

Ia mengungkapkan, upaya penyelundupan narkotika tersebut melalui dua cara, salah satunya melalui paket kiriman.

“Empat kasus dibawa oleh penumpang dan ditegah di Terminal Internasional yakni Terrminal 3 dan 2F. Dua lainnya merupakan paket kiriman,” ungkap Finari.

Bea Cukai beserta Kepolisian mengamankan barang bukti berupa 3.827 gram Sabu, 2862 gram ganja sintetis, 2011,4 gram tembakau gorila, 2598 gram Ketamin dan 2454 gram ekstasi.

Pihak Kepolisian juga mengamankan sebanyak 10 orang tersangka yang berasal dari berbagai negara diantaranya, 2 warga negara India, 2 warga negara China dan 1 warga negara Afrika. Lima tersangka lainnya merupakan WNI.

Mereka juga terancam maksimal hukuman mati, hukuman seumur hidup dan kurungan 20 tahun penjara sesuai dengan UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (Rmt)