Home Bandara Pengiriman Tembakau Gorilla asal China Digagalkan Bea Cukai Bandara Soetta

Pengiriman Tembakau Gorilla asal China Digagalkan Bea Cukai Bandara Soetta

0

Petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menegah paket kiriman tujuan Surabaya yang berisi ganja sintetis atau tembakau gorilla asal China.

Dalam kasus ini, total 2, 8 kilogram lebih narkotika golongan 1 berjenis 5-FluoroMDMB-PICA (syntehteic cannabioid) atau tembakau gorilla diamanakan petugas.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan mengatakan, pengungkapan penyelundupan narkotika tersebut berawal dari kecurigaan petugas terhadap paket kiriman yang terbungkus aliminium foil.

“Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, ditemukan serbuk berwarna kuning dengan berat 512 gram yang positif merupakan syntehteic cannabioid,” kata Finari di Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang, (23/12/2019).

Petugas kemudian berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan controlled delivery. Benar saja, petugas gabungan mengamankan tiga orang tersangka berinisial MRS, CH dan FH.

“Dari ketiga tersangka tersebut, petugas juga mengamankan 307 gram barang bukti berupa bahan baku ganja sintetis,” ungkap Finari.

Tak sampai disitu, petugas gabungan Bea Cukai dengan Bareskrim Polri terus melakukan pengembangan. Hasilnya, dua tersangka lain berinisial ID dan ASR diamankan di Kota Bandung, Jawa Barat.

“Dari kedua tersangka diamankan barang bukti berupa 43 gram ganja sintetis dan 5 bungkus tembakau yang sudah dicampur dengan ganja sintetis dengan total 2,011 kilogram,” tutur Finari.

Kelima tersangka tersebut terancam maksimal hukuman mati, hukuman seumur hidup dan kurungan 20 tahun penjara sesuai dengan UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (Rmt)