Home Index Ingatkan Bahaya Plastik, DLH dan TangCity Gelar Talk Show

Ingatkan Bahaya Plastik, DLH dan TangCity Gelar Talk Show

0

Ingatkan bahaya limbah plastik, Dinas Lingkungan Hidup bersama dengan Managemen Tangerang City Mal menggelar talk show. Kali ini talk show tersebut dengan tema Tangcity Zero Waste Campaign No Plastic No Problem.

Acara yang digelar di pusat perbelanjaan ini dihadiri para komunitas pecinta lingkungan dan juga pengunjung mal Tangcity.

Diskusi publik ini membahas tentang bahaya sampah plastik bagi kehidupan dan juga lingkungan.

Dika Agus, Kasi Pengurangan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang menyebut saat ini pada tahun 2017 pihaknya telah melakukan kajian terkait sampah plastik yang masuk di TPA Rawa Kucing.

“Ada 60 persen sampah organik berati sisanya sampah plastik, sterofoam dan kayu. Angka ini tentunya meningkat dari jumlah sampah organik yang mencapai 80 persen pada tahun 2012,” ujarnya di Tangerang City, Jumat (14/2/2020).

Kata dia, dampak sampah plastik untuk Kota Tangerang sangatlah terasa. Terlebih lagi sampah tersebut bisa menghasilkan gas metan yang sewaktu – waktu dapat meledak.

“Kalau plastik yang saya ceritakan tadi bahwa itu bisa menangkap gas metan yang mengakibatkan lenfil cepat penuh. Jadi gas metan terperangkap, bisa meledak, yang dikhawatirkan ini,” ungkapnya.

Dengan demikian dia mengatakan saat ini pihaknya mengajak masyarakat untuk dapat mengurangi sampah.

“Pengurangan sampah kita lakukan. Gimana caranya mengajak masyarakat untuk pengurangan penggunaan kantong plastik,” ucapnya.

Sementara itu Intan Amallia, Community & Media Relation Tangcity Mall mengatakan, untuk mengurangi penggunaan sampah plastik Tangerang City sudah melakukan berbagai upaya.

“Kita rutin lakukan sosialisasi pada pengunjung, pemilik tenan dan juga semua karyawan untuk tidak menggunakan sampah plastik,” tuturnya.

Kata dia, pihak TangCity juga sudah menyiapkan bank sampah yang dikelola bekerjasama dengan Pemkot Tangerang.

“Kita memang sedang melakukan go green. Di sini juga ada drop box untuk pengunjung dapat menukarkan botol minuman mereka di box yang telah kita sediakan,” pungkasnya. (Bal)