Home Index Lapas Pemuda Tangerang Bebaskan 269 Warga Binaan

Lapas Pemuda Tangerang Bebaskan 269 Warga Binaan

0

KOTA TANGERANG – Hingga hari ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II telah membebaskan sebanyak 269 warga binaan pemasyarakatan terkait wabah virus disease atau Covid-19.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi yang digabungkan sejak awal bulan hingga kini.

Kepala Lapas Pemuda Tangerang, Supriyanto menerangkan upaya ini dilakukan atas arahan Kementerian Hukum dan HAM ditengah wabah virus yang tengah melanda dunia.

“Alhamdulillah 269 warga binaan kami telah dipulangkan secara bertahap,” ujar Supriyanto, Selasa (7/4/2020).

Menurutnya adapun rujukan pihaknya melakukan pembebasan napi yakni merupakan tindak lanjut atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

“Semoga WBP yang dipulangkan bisa kembali kepada keluarganya masing-masing, dan terus ikut bergerak membantu negara dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi COVID-19,” tegasnya.

Selain memulangkan WBP, tambahnya, Lapas Pemuda Tangerang juga terus bergerak dalam rangka mencegah dan menanggulangi Covid-19.

Berbagai upaya seperti pembatasan kunjungan fisik dan menggantinya dengan kunjungan online lewat video call, sosialisasi, penyediaan sarana cuci tangan dan hand sanitizer, telah dilaksanakan.

“Kami terus bergerak dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait prosedur dan langkah-langkah menghadapi pandemi Covid-19. Kesemuanya tentu dalam rangka mencegah dan menanggulangi Covid-19 di Lapas Pemuda Tangerang,” ujar Supriyanto. (Bal)