Home Bandara Bandara Soetta Maksimalkan Penerapan Protokol Kesehatan

Bandara Soetta Maksimalkan Penerapan Protokol Kesehatan

0
VP of Corporate Safety Management PT Angkasa Pura II Bayuh Iswantoro (kiri) dan Executive General Manager Bandara Soetta Agus Haryadi (kanan).

Guna meminimalisir resiko dan mencegah penyebaran Covid-19, PT Angkasa Pura II memaksimalkan penerapan Protokol Kesehatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Tak hanya itu, upaya menjaga dan meningkatkan keselamatan penerbangan pun terus dilakukan. Hal ini juga bertepatan dengan Hari Pethubungan Nasional.

Terlebih, perseroan pengelola 19 Bandar Udara tersebut baru saja mencanangkan Safety and Healthy Campaign dengan tema Pendisiplinan Protokol Kesehatan dan Keselamatan Penerbangan.

VP of Corporate Safety Management PT Angkasa Pura II Bayuh Iswantoro mengatakan, kampanye kesehatan dan upaya-upaya menerapkan protokol kesehatan akan terus dilaksanakan di tengah pandemi ini agar tercipta penerbangan yang sehat dan aman dari Covid-19.

“Hal-hal terkait protokol kesehatan, bahwa Bandara Soekarno-Hatta menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal. (Hari ini) kami juga melakukan hal terkait (Protokol Kesehatan) dengan membagikan masker ke pengguna jasa, lalu disinfeksi juga terus dilakukan,” kata Bayuh saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (18/9/2020).

Sehari sebelumnya lanjut Bayuh, Angkasa Pura II mencanangkan Safety and Healthy Campaign yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan.

“Hari ini dilaksanakan kegiatan fisiknya, kami berkolaborasi dengan stakeholder yang ada dan kami lakukan ramp check dengan 3 agenda yakni, pembersihan FOD (foregin objeck debris) di area airside Bandara Soekarno-Hatta dan memastikan para driver, pengguna jasa di ramp safety area menggunakan masker, menjalankan SOP kerja yang baik dan benar dan memastikan ground support beroperasi di airside Bandara Soekarno-Hatta itu laik dan baik,” jelas Bayuh.

Sementara Executive General Manager Bandara Soetta Agus Haryadi mengingatkan (remind) pengguna jasa agar disiplin dalam mematuhi Protokol Kesehatan terlebih selama berada di Bandara Soetta.

“Ini kita remind lagi kepada pemumpang termasuk kalangan internal. Karena sekarang ini trend kenaikan (kasus) Covid semakin tinggi di DKI dan Jabodetabek. Kita tetap posisi bahwa airport harus jalan sebagai penopang ekonomi juga covid harus kita kendalikan. Dua duanya remnya harus kita atur dengan baik,” tutur Agus.

Menurut Agus, Hari Perhubungan Nasional menjadi momentum yang tepat untuk kembali meningkatkan kesadaran semua pihak agar bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Oleh karenanya, SOP pencegahan penyebaran Covid-19 di Bandara Soetta tetap dijalankan dengan ketat.

“(SOP) masih tetap jalan seperti sebelumnya. Kondisi standar sudah cukup, kita rating itu 4,09. Kita di atas dari bandar terkemuka di dunia dan saya kira ini sebuah pengakuan. Artinya, SOP kita pertahankan,” kata Agus.

Kendati demikian, Agus berharap pengunjung dan pengguna jasa bandara sadar akan pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan.

“Kita menekankan lagi kepada internal, ini sudah cukup bagus. Tinggal timbal balik dari pengguna jasa, kan harus ada,” tandas Agus. (Rmt)