Home Berita SERAMBI Kunjungi DPRD DKI Jakarta Bahas Soal Polemik Bansos Covid-19

SERAMBI Kunjungi DPRD DKI Jakarta Bahas Soal Polemik Bansos Covid-19

0

Serikat Mahasiswa Betawi (SERAMBI) melakukan audiensi dengan pihak DPRD Provinsi DKI Jakarta untuk menyerahkan draft rekomendasi terkait polemik bantuan sosial selama covid-19.

Dalam forum tersebut pihak SERAMBI mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI dan pihak Legislatif Provinsi DKI Jakarta yang terus menekan angka penyebaran covid-19.

Tidak terkecuali pendistribusian bantuan covid-19 yang dirasa tepat ditengah diberlakukannya kebijakan PSBB tahap ke II untuki wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Riski, pendistribusian bantuan sosial memang sudah seharusnya untuk segera dilakukan. Namun dalam pelaksanaan penyaluran bantuan pada saat ini, menurutnya perlu untuk dilakukan perbaikan mengingat banyak ditemui berbagai permasalahan selama pelaksanaan sebelumnya.

Sebagaimana diketahui bahwa terlah terjadi berbagai polemik selama pelaksanaan penyaluran bantuan sosial Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Beberapa hal yang dirasa masih menjadi permasalahan yaitu terkait data sasaran penerima bantuan dan kualitas barang (sembako) yang dibagikan khususnya beras (masih ditemui ada yang tidak layak).

Sementara itu dari data ICW dan Indonesia Budget Center (IBC) disebutkan bahwa terdapat 12 laporan warga terkait permasalahan bantuan sosial selama periode Juni-Juli yang disalurkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menyikapi hal tersebut, SERAMBI menginisiasi jejak pendapat dari kalangan mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus Provinsi DKI Jakarta untuk kemudian dirumuskan dalam sebuah rekomendasi kebijakan. Kegiatan ini dilakukan juga sebagai wujud pengawalan atas kebijakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar memberikan impact yang maksimal.

“Pelaksanaan distribusi Bansos Covid-19 yang telah didistribusikan oleh pemerintah provinsi DKI harus dikawal oleh semua elemen masyarakat publik, tidak terkecuali dari pihak legislatif. Maka dari itu hasil dari diskusi webinar yang telah SERAMBI lakukan selanjutnya kami susun dalam sebuah draft rekomendasi. Dan pada hari ini alhamdulilah telah kami sampaikan dan dierima dengan baik oleh Bapak M. Taufik selaku wakil ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI,” papar Riski yang juga selaku Sekjen SERAMBI.

“DPRD Provinsi DKI harus melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan bantuan covid-19 ini, jangan sampai ada pihak yang dirugikan dan pihak penyedia layanan distribusi bantuan harus bekerja dengan tetap mengedepankan ketepatan sasaran penerima bantuan serta kualitas dari item atau jenis sembako bantuan yang disalurkan. Jangan sampai penyedia jasa mengambil keuntungan dari ditengah bencana pandemi yang masih belum berakhir hingga saat ini,” tutup Riski.

Kegiatan penyerahan draft rekomendasi perbaikan pelaksanaan bantuan sosial covid-19 oleh pihak SERAMBI ini berakhir pukul 13.00, selain itu kedua belah pihak juga terus menguayakan sinergisitas dan berkolaborasi untuk terus mengawal penekanan angka penyebaran covid-19 hingga pada titik Nol.