Home News Update Hasil Razia Satgas Covid-19, Banyak Wisatawan Tidak Sadar Prokes

Hasil Razia Satgas Covid-19, Banyak Wisatawan Tidak Sadar Prokes

0

Satuan Tugas (Satgas) penerapan disiplin dan penegakan protokol kesehatan (prokes) penyebaran covid-19 Kabupaten Serang melakukan razia di perhotelan, restoran dan tempat wisata pantai yang ada di Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Minggu (18/10). Berdasarkan hasil razia, banyak didapati wisatawan yang tidak menggunakan masker.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna menuturkan, berdasarkan hasil razia yang dilakukan mulai dari Hotel Alisa, Hotel Mambruk, Hotel Nuansa Bali, dan Hotel Jayakarta sudah menerapkan 3 M, memakai masker, menyediakan tempat mencuci tangan dan handsanitizer serta menjaga jarak di restorannya.

“Hanya saja para pengunjung atau wisatawan perlu di ingatkan masih ada yang tidak memakai masker, mungkin mereka pikir kalau berada di hotel sekitar udara pantai sudah aman, sehingga mereka tidak memakai masker tapi tidak seperti itu pandemi covid-19 ini belum berakhir,” kata Nanang.

Sementara Kepala Pelaksana Satgas penerapan disiplin dan penegakan prokes penyebaran covid-19 Kabupaten Serang, Nana Sukmana mengatakan, bahwa selama pandemi covid-19 belum berakhir pihaknya akan terus gencar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menerapkan 3 M sasarannya di tempat-tempat keramaian.

“Untuk pelaksanaan razia di pusat keramaian perhotelan, resto, tempat wisata pantai, pasar dan lainnya secara gabungan semua unsur terkait dilakukan empat kali dalam sebulan. Ini dilakukan sudah dari enam bulan yang lalu,” kata nana kepada wartawan.

Nana menjelaskan, dalam penegakan disiplin prokes dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa dilakukan setiap hari.

“Kami juga melibatkan TNI dan Polri. Jadi, kami tidak akan pernah lelah untuk mengingatkan masyarakat agar menerapkan 3 M guna mencegah penyebaran covid-19,” tegas Nana.

Menurutnya, Kabupaten Serang sebelumnya masuk zona merah saat ini menurun menjadi zona orange.

“Kedepan kami berharap menjadi zero atau zona hijau di Kabupaten Serang,” harapnya.(Smn)