Beranda Bandara Antisipasi Antrean di Bandara Soetta, Penumpang Dimbau Lakukan Pre Order

Antisipasi Antrean di Bandara Soetta, Penumpang Dimbau Lakukan Pre Order

0

Permintaan tes Covid-19 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) meningkat tajam menjelang libur Natal 2020 dan menyambut Tahun Baru (Nataru) 2021. Antrean calon penumpang pun tak terhindarkan terlebih pada jam sibuk (peak hours).

Pada kondisi normal, Rapid Test Antigen di Bandara Soetta kurang lebih 1000 pemeriksaan per hari. Sedangkan dalam beberapa terakhir mencapai 5000 permintaan.

Guna mengantisipasi terjadinya antrean di lokasi-lokasi Rapid Test, Angkasa Pura II pun melakukan sejumlah terobosan untuk mencegah terjadinya antrean. Salah satunya memperbanyak fasilitas tempat pemeriksaan Rapid Test Antigen.

“Kondisi normal rata-rata layanan yang terjadi sekira 1000, tapi fenomena 4-5 hari terakhir bisa sampai 4000 sampai 5000. Ini tentu kami antisipasi karena itu beberapa terobosan sudah kamu lakukan terutama untuk beberapa fasilitas baru, seperti drive thru,” kata Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (22/12/2020).

Berikut lokasi tes Covid-19 di Bandara Soetta;
1. Airport Health Center di T2
2. Airport Health Center di T3 (SMILLE Center)
3. Airport Health Center di T3 (area lounge umroh)
4. Drive Thru tes di lapangan parkir T3
5. Drive Thru tes di lapangan parkir T2
6. Drive Thru tes di lapangan parkir T1

Akan tetapi, Agus Haryadi menyarankan pengguna jasa Bandara agar melakukan pre order untuk tes Covid-19. Adapun layanan pre-order dapat diakses melalui travelation.angkasapura2.co.id.

“Pre order paling kami rekomendasikan. Layanan ini mudah dan sangat nyaman daripada harus menggunakan antrean (walk in) kadang jam-jam tertentu sangat tinggi dan lama,” ujarnya.

Agus pun mengimbau agar calon penumpang dapat melengkapi dokumen perjalanan atau dokumen kesehatan bebas Covid-19 sebelum hari keberangkatan.

“Kalau (dokumen perjalanan) calon penumpang sudah lengkap, prosesnya sepeti biasa lebih cepat 2 jam sudah cukup. Tapi yang kami alami di fenomena ini adalah calon penumpang banyak yg belum melengkapi diri sehingga terjebak pada situasi sulit seperi kemarin,” jelasnya.

Kendati demikian, pengelola Bandara Soetta tetap melakukan sejumlah terobosan untuk mengantisipasi tingginya permintaan Rapid Test Antigen dengan menambah tenaga kesehatan (Nakes) di Terminal 2 dan Terminal 3.

“Nakes sudah kami siapkan lebih dan kami buka layanan ini 24 jam kita layani untuk walk in di T2 dan T3,” tutur Agus.

“Saya tetap imbau penumpang datang lebih awal dan siapkan persyaratan terbang jadi tidak kemudian berharap semua di Bandara tersedia cepat. Kita ansitipasi besok tanggal 23 atau H-2 adalah puncak arus keberangkatannya. Kami imbau untuk dipersipakan dokumen perjalanannya,” imbaunya. (Rmt)