Home Bandara Pesawat Sriwijaya Air PK-CLC Berusia 26 Tahun

Pesawat Sriwijaya Air PK-CLC Berusia 26 Tahun

0

Pesawat Sriwijaya Air dengan kode registrasi PK-CLC yang hilang kontak sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Sabtu (9/1/2021) sore telqh burumur 26 tahun.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Suryanto.

“Pesawat tersebut berjenis Boeing B737-500 beroperasi sejak tahun 1994, jadi kurang lebih umurnya sekitar 25 sampai 26 tahun,” ujar Suryanto di Posko Crisis Center Terminal 2D Bandara Soetta, Tangerang, Sabtu (9/1/2021) malam.

Dia mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan data terkait kondisi pesawat saat lepas landas dari Bandara Soetta (CGK) menuju Bandara Supadio (PNK).

“Tapi pesawat berapapun umurnya kalau dirawat sesuai regulasi yang berlaku di Dirjen Perhubungan Udara harusnya tidak ada masalah,” ujar Suryanto.

Sementara itu, Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena menuturkan, saat akan lepas landas, pesawat PK-CLC telah melalui pengecekan oleh teknisi dan dinyatakan laik terbang.

“Pesawat ini terbang rute kedua, karena rute ini kan Pontianak PP (pulang pergi) jadi sudah dicek berkala,” ucapnya.

Diketahui, pesawat Sriwijaya Air rute Bandara Soetta – Pontianak menuju hilang kontak sekira pukul 14.40 WIB. Atau kurang lebih 4 menit setelah lepas landas.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Soetta pada pukul 14.36 WIB. Pesawat yang mengangkut 62 orang (penumpang dan kru) diduga jatuh di Laut Kepulauan Seribu.

“Di dalam pesawat, terdapat manifest 62 orang. Terdiri dari 50 penumpang, 40 dewasa 7 anak dan 3 bayi. 12 orang kru, 6 kru aktif dan 6 ekstra kru,” ungkap Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Sabtu (9/1/2021) malam. (Rmt)