Home Berita Himaputra Tagih Pemkab Tentukan Harga Beras Lokal

Himaputra Tagih Pemkab Tentukan Harga Beras Lokal

0

Pemerintah Kabupaten Tangerang beberapa waktu lalu (25/2) bersama Korem 052/Wkr melaksanakan panen raya di Kebun Buaya RT 02/03, Desa Pangkalan, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Itu merupakan bagian perhatian pemda terhadap sektor ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

Banyak jenis Sayur Mayur hingga Padi terbaharu dipanen, melalui Wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli menyampaikan, pihaknya mengapresiasi program tersebut dan akan selalu mendukung melalui pemberian pupuk dan bibit agar kegiatannya berkelanjutan.

Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Tangerang Utara (HIMAPUTRA) melalui Eka Wahyu, selaku Ketua Bidang Pertanian mengapresiasi kegiatan panen raya tersebut. Namun pemerintah daerah seharusnya tidak berhenti hanya sampai memberikan pupuk dan bibit, akan tetapi diberikan juga wadah untuk pemasaran dengan harga yang jelas dan tentu menguntungkan petani.

“Komoditas yang paling penting sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari warga adalah Beras, hasil beras kita yang ada di Kabupaten Tangerang sangat melimpah di beberapa sebaran wilayah Utara Tangerang seperti Pakuhaji, Sukadiri, Mauk, Kemiri sampai Kronjo. Dan ini belum terserap oleh pemerintah daerah melalui BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) bidang ketahanan pangan,” ungkapnya, Minggu (28/2/2021).

Seperti yang dilakukan salah satu pemerintah daerah di Aceh melalui BUMD-nya mereka beli hasil panen warga untuk memenuhi kebutuhan pangan diwilayah tersebut.

Persoalannya adalah harga yang dibeli oleh perusahaan daerah tersebut harus menguntung petani disegala sisi, jika masih sulit untuk menentukan harga gabah kering dan basah hingga beras di sarankan pemerintah daerah melalui perusahaan daerah mengambil langkah solutif seperti yang tertuang di Pasal 3 ayat (1) Permedag No 24 Tahun 2020 Tentang Penetapan HPP Gabah dan Beras.

“Petani butuh perlindungan harga saat pasca panen jika pemerintah daerah melalui BUMD sangat serius ingin membeli hasil panen, agar petani menikmati untung disegala sisi. Jangan sampai harga yang ditawarkan malah merugikan petani,” ujar Eka Wahyu Ketua Bidang Pertanian Himaputra.

Himaputra juga menginginkan adanya produk beras lokal Tangerang, yang berasnya itu dibeli dari petani Utara Tangerang sebagai lumbung pangan Kabupaten Tangerang.(Sam)