Home Bandara Ratusan Penumpang Pesawat di Bandara Soetta Gagal Terbang di Hari Pertama PPKM...

Ratusan Penumpang Pesawat di Bandara Soetta Gagal Terbang di Hari Pertama PPKM Darurat

0

Sedikitnya 100 calon penumpang (pax) pesawat gagal terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) saat hari pertama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Hal itu disebabkan karena dokumen atau yang dipersyaratan untuk penerbangan domestik pada masa PPKM Darurat tidak lengkap. Sebut saja sertifikat vaksinasi dosis pertama maupun hasil RT-PCR negatif yang pengambilan sampelnya maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

“Untuk kemarin, Senin 5 Juli 2021, sekitar 100 pax yang belum memenuhi persyaratan sehingga di reschedule,” kata Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta, Holik Muardi, Selasa (6/7/2021).

Namun demikian, PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soetta betkoordinasi dengan pihak maskapai dan memberikan toleransi kepada penumpang yang belum mengumpulkan syarat terbang saat PPKM Darurat.

Dimana, penerbangan mereka dijadwal ulang atau reschedule yang sudah terlanjur dibeli mulai dari tanggal 5 sampai 20 Juli 2021.

Untuk diketahui, pada masa PPKM Darurat ini penumpang penerbangan domestik wajib membawa sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama. Juga membawa surat hasil tes negatif PCR yang sampelnya diambil dua hari sebelum berangkat.

PPKM Darurat ini sangat efektif berjalan di bandara-bandara yang dikelola PT AP II yang berada di Jawa-Bali.

Berdasarkan data yang diperoleh pada 5 Juli 2021, trafik pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara AP II mengalami penurunan sekitar 70 persen, bila dibandingkan dengan trafik saat belum diberlakukannya PPKM Darurat Jawa – Bali.

“Imbauan agar di rumah saja dan hanya melakukan perjalanan jika mendesak pada PPKM Darurat Jawa – Bali ini dipatuhi masyarakat, terlihat dari pergerakan penumpang pesawat di bandara-bandara AP II yang mengalami penurunan 70 persen pada 5 Juli dibandingkan dengan trafik sebelum berlakunya PPKM Darurat,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. (Rmt)