Home Bandara Bali Buka Rute Internasional, Pergerakan Penumpang Diprediksi Menurun di Bandara Soetta

Bali Buka Rute Internasional, Pergerakan Penumpang Diprediksi Menurun di Bandara Soetta

0

Pergerakan penumpang rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diprediksi menurun mulai pekan ini. Pasalnya, Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali membuka penerbangan Internasional mulai Kamis (14/10) besok.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta PT Angkasa Pura II, M Holik Muardi mengatakan, dengan dibukanya kembali rute internasional dari dan ke Bandara Ngurah Rai akan mempengaruhi pergerakan penumpang dan penerbangan di Bandara Soetta.

“Bandara Ngurah Rai akan dibuka untuk penerbangan internasional pada tanggal 14 Oktober dan tentunya ini juga berpengaruh. Karena sekarang kami ada beberapa (penerbangan) yang langsung dari dan ke Bali,” kata Holik saat dijumpai di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (13/10/2021).

Sementara itu, pergerakan penumpang dan penerbangan di Bandara Soetta mulai meningkat di bulan Oktober ini.

Holik menjelaskan, pergerakan penumpang dan pesawat selama Oktober di Bandara Soetta mengalami kenaikan. Bahkan di akhir pekan tembus 60 ribu penumpang.

“Jadi di bulan Oktober ini kalau kita mengamati untuk penumpang saat ini di weekdays umumnya ada di sekitar 40-50ribu penumpang perharinya. Weekend kalau kita amati itu sekitar 50-60ribu penumpang perharinya,” tuturnya.

Sedangkan pergerakan pesawat di akhir pekan mencapai 400-550 penerbangan per harinya.

Lalu lintas penumpang dan pesawat di Bandara Soetta mengalami pertumbuhan yang signifikan dibandingkan pada saat pengetatan di masa PPKM Darurat. Di mana, pergerakan penumpang hanya 10-11 ribu saja per harinya.

“Kalau dibandingkan dengan bulan Juli pada saat PPKM Darurat, itu penumpangnya 11 ribu perhari, ini di bulan Oktober sudah mencapai 50 sampai 60 ribu perhari,” tutur Holik. (Rmt)