Home Bandara Jelang Tahun Politik, Imigrasi Bandara Soetta Gelar Rapat TIMPORA

Jelang Tahun Politik, Imigrasi Bandara Soetta Gelar Rapat TIMPORA

0

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta menggelar rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) bersama 14 instansi Pemerintah, Badan dan lembaga yang berada di Wilayah Administrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Dengan tema “Sinergitas Pengawasan Orang Asing dalam Rangka Menjaga Ketahanan Nasional Menyambut Pemilihan Umum (PEMILU) Tahun 2024”, diharapkan TIMPORA dapat berperan aktif dalam menjaga situasi tahun politik lebih aman dan terkendali.

Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto mengatakan, sebagai salah satu gerbang utama negara TPI Soekarno-Hatta punya tanggung jawab pengawasan orang asing baik yang melintas masuk maupun keluar wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, untuk membangun sinergitas antar instansi terkait di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta sehinga dapat berkolaborasi memberikan pemahaman
bahwa pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab bersama demi mewujudkan penegakan hukum diberbagai bidang termasuk hukum keimigrasian, diselenggarakanlah Rapat TIMPORA 2023.

“Bahwa pada tahun ini kita juga akan menyambut pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum (PEMILU). Pelaksanaan pemilu yang berintegritas, akuntabel, dan berkualitas
merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai dari praktik demokrasi substantif,” jelas Tito di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (2/3/2023).

Untuk itu lanjut Tito, agar demokrasi substanstif yang termanifestasi dalam pemilu yang berintegritas dapat dicapai, diperlukan langkah-langkah serius dari berbagai pihak dalam menjaga ketahanan nasional dari berbagai ancaman.

“Saya yakin dan percaya sinergitas seluruh anggota TIMPORA akan mendukung berbagai kebijakan Pemerintah di berbagai bidang, bahkan mampu mencegah terjadinya berbagai pelanggaran baik dibidang keimigrasian maupun dibidang hukum lainnya, termasuk dalam menjaga kestabilan iklim menuju tahun politik ini,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun. (Rmt)