Beranda Berita 2.500 Rumah Warga Miskin di Pandeglang Bakal Dapat Listrik Gratis

2.500 Rumah Warga Miskin di Pandeglang Bakal Dapat Listrik Gratis

0

Sebanyak 2.500 rumah warga miskin di Kabupaten Pandeglang akan segera mendapatkan listrik gratis dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi Banten tahun 2023.

Hal itu diungkapkan dalam acara sosialisasi program listrik pedesaan (Lisdes) di Wilayah Kegiatan Program (WKP) III Kabupaten Pandeglang yang dilaksanakan oleh Distamben Provinsi Banten di Aula kantor Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang.

Dalam acara itu di hadiri Sekretaris Distamben Banten Ari James Paradi, Perwakilan dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten Irvan, Camat Cadasari Wawan Riswandi, para kepala desa (Kades) dan Lurah di dua kecamatan yang mendapatkan program tersebut.

Sekretaris DESDM Provinsi Banten, Ari James Paraddy mengungkapkan, program ini ditujukan kepada masyarakat penerima bantuan listrik pedesaan (Lisdes) di Kabupaten Pandeglang.

“Jadi kami menyampaikan bahwa program ini adalah program Lisdes bagi masyarakat yang terdaftar dalam DTKS dan sudah kami verifikasi tahun sebelumnya,” ungkapnya, Kamis (4/5/2023).

Dikatakannya, untuk yang mendapatkan bantuan listrik pedesaan (Lisdes) ini dengan jumlah sebanyak 2.500 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan untuk warga miskin.

“Ini sesuai DTKS di Kabupaten Pandeglang akan mendapatkan program Lisdes Gratis dari Pemprov Banten pada tahun 2023 yang tersebar di 79 Desa/Kelurahan di 22 kecamatan,” kata Ari.

Ia melanjutkan, terkait program listrik pedesaan (Lisdes) ini pihaknya telah melakukan sosialisasi ke beberapa Kecamatan di Kabupaten Pandeglang agar program lisdes bisa berjalan dengan baik.

“Kita sudah lakukan sosialisasi program Lisdes gratis di beberapa kecamatan di Kabupaten Pandeglang agar lisdes bisa berjalan dengan baik. Dan dalam waktu dekat ini sekitar Juli akan dilakukan pelaksanaannya,” ujarnya.

Camat Cadasari, Wawan mengapresiasi Pemprov Banten karena warganya yang tersebar di 7 Desa mendapatkan program listrik pedesaan (Lisdes) Gratis yang telah diusulkan Pemkab Pandeglang sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kami berterima kasih dengan adanya bantuan Program Lisdes Gratis yang diberikan pada warga miskin di Kecamatan Cadasari yang telah diusulkan Pemkab Pandeglang sesuai DTKS meskipun secara bertahap,” katanya.

Kejati Banten, Irvan mengatakan bahwa lisdes merupakan salah satu proyek strategis nasional pemerintah, dimana setiap daerah harus mengalokasikan anggaran listrik secara gratis salah satunya oleh Pemprov Banten melalui Distamben Provinsi Banten itu sesuai amanat Undang-undang (UU).

“Kami ingin para perangkat desa bisa membantu program Lisdes Gratis ini dengan mengawasi, agar bisa berjalan dengan baik khususnya di Kabupaten Pandeglang. Ini tidak lain kerjasama yang baik, agar tidak ada tindak pidana dalam program seperti adanya pungli oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya. (Den/Dan)